Pola waktu tidur yang baik.


Berapa lama waktu tidur Anda semalam? Dua atau tiga jam tiap hari? Tahukah Anda bahwa kurang tidur dapat menyebabkan risiko kematian yang lebih tinggi?

Jumlah tidur yang dibutuhkan tergantung pada berbagai faktor, terutama usia Anda. Setidaknya orang dewasa membutuhkan delapan jam per hari untuk tidur. Cukup tidur dapat memberikan kebugaran pada tubuh, sehingga Anda dapat menjalankan segala aktivitas dengan baik keesokan harinya. Perhatikan pedoman umum untuk kelompok usia yang berbeda:

Usia bayi, jumlah tidur yang disarankan 14-15 jam
Usia balita, jumlah tidur yang disarankan 12-14 jam
Usia anak sekolah, tidur yang disarankan 10-11 jam
Usia dewasa, tidur yang disarankan 7-9 jam

Berikut faktor yang dapat mempengaruhi berapa banyak jam tidur yang Anda butuhkan, seperti dilansir Mayoclinic.

Kehamilan

Perubahan tubuh wanita selama kehamilan dapat meningkatkan kebutuhan untuk tidur.

Usia

Orang dewasa yang lebih tua membutuhkan jumlah tidur yang sama dengan orang dewasa muda. Ketika Anda beranjak tua, bagaimanapun, pola tidur Anda dapat berubah. Orang dewasa yang lebih tua cenderung tidur lebih ringan dan lebih sering terbangun di malam hari daripada orang dewasa muda. Hal ini dapat menciptakan  kecenderungan untuk tidur siang pada siang hari.

Kurang tidur

Jika Anda kurang tidur, jumlah tidur yang dibutuhkan meningkat.

Tidur berkualitas

Jika tidur Anda sering terganggu atau dipotong pendek, Anda tidak mendapatkan kualitas tidur yang baik. Kualitas tidur Anda sama pentingnya dengan kuantitas.

Pola istirahat

Meskipun beberapa orang mengaku merasa beristirahat hanya beberapa jam dari tidur malam, penelitian menunjukkan bahwa orang yang tidur begitu sedikit pada malam harinya, banyak yang tidak berkinerja baik pada tugas-tugas mental yang kompleks seperti halnya orang-orang yang lebih dekat dengan tujuh jam tidur malam. Selain itu, penelitian menyebutkan orang yang pola tidurnya kurang dari tujuh jam dikaitkan dengan resiko tingkat kematian lebih tinggi

Jika Anda sering mengalami kantuk di siang hari, bahkan setelah meningkatkan jumlah kualitas tidur Anda, berkonsultasilah. Dokter mungkin lebih dapat membantu Anda
.

0 komentar:

Poskan Komentar