Jenis Makanan Apa yang Baik Untuk Sarapan Pagi?



Sarapan pagi merupakan salah satu hal yang tak boleh terlewatkan. Melewatkan sarapan tak hanya menurunkan metabolisme, tetapi juga menyebabkan kegemukan. Sebab, jika kita melewatkan sarapan, porsi makan siang akan lebih besar. Banyak orang bersusah payah membuat sarapan sehat. Padahal, tidak sulit menyajikan menu sarapan sehat. Beberapa makanan yang lazim kita konsumsi pun sudah termasuk sarapan sehat, seperti lima makanan ini yang dilansir dari Huffington Post.

1. Telur
Sering kali telur mendapat reputasi buruk. Padahal, makanan ini mengandung 13 nutrisi penting, termasuk protein. Demikian diungkapkan Susan Mitchell, Ph D, RD. Penelitian menunjukkan bahwa makan makanan berprotein pada pagi hari akan mengurangi konsumsi camilan tak sehat di kemudian hari. "Konsumsilah minimal 8-10 gram protein dan sebaiknya 20-25 gram. Ini tidak hanya memberikan rasa kenyang, tetapi juga membantu mempertahankan massa otot dari waktu ke waktu," katanya

2. Kopi
Minum kopi terlalu banyak memang akan menimbulkan kegelisahan. Oleh sebab itu, minumlah secukupnya dan tanpa tambahan krim dan gula. "Kopi mengandung antioksidan yang baik bagi tubuh," kata Julie Upton, MS, RD, CSSD. Kopi memiliki manfaat bagi jantung dan dapat memperlambat penurunan kognitif. Selain itu, kopi dapat mencegah beberapa jenis kanker, termasuk karsinoma sel basal, kanker yang paling umum di dunia, dan melindungi Anda dari penyakit diabetes tipe 2.

3. Pisang
Menurut Upton, ini pilihan yang mudah dan sederhana. Pisang kaya akan serat, vitamin C, dan kalium, yang jarang kita dapatkan dari makanan lainnya. "Sebuah pisang memiliki 422 miligram kalium dan nol natrium," katanya. "Kombinasi ini membantu mengontrol tekanan darah."

4. Jeruk bali
Upton mengatakan, keluarga buah jeruk ini juga kaya akan vitamin C dan kalium. Buah ini memiliki serat yang baik untuk membantu Anda merasa kenyang lebih lama. Bahkan, sebuah studi tahun 2006 menemukan bahwa mengkonsumsi setengah buat jeruk saat makan apa pun (terutama sarapan) dapat mempercepat penurunan berat badan.

5. Buah beri
Hampir semua varietas beri kaya akan antioksidan, vitamin C dan serat, serta sangat sedikit kalori. Beberapa penelitian menunjukkan, kata Upton, buah beri juga membawa sifat anti-kanker dan dapat memerangi penurunan neurologis khas yang terkait dengan penuaan.
 
 6. Sereal
Pilihan yang paling populer dan sehat untuk sarapan adalah sereal. Pilihlah berbagai sereal favorit Anda sesuai selera. Menyantap cornflake dengan madu juga merupakan pilihan yang baik.

7. Roti Gandum
Menyantap roti gandum dengan selai kacang, dapat menjadi menu sarapan sehat Anda. Ambil segelas susu bebas lemak, Anda bisa menyantapnya dengan roti. Dengan begitu, Anda akan mendapatkan energi yang dibutuhkan untuk seharian penuh.
 
serat dalam makanan, jenis makanan yang berserat, pentingnya fiber dalam makanan

0 komentar:

Poskan Komentar