Cara Berhenti Merokok



Berdasarkan data Direktur Jenderal Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan Kementerian Kesehatan RI, Prof dr Tjandra Yoga Aditama, lebih dari 60 juta penduduk Indonesia adalah perokok. 60 Persennya pria dan 4,5 persen lagi wanita.

Di hari tanpa tembakau ini, mungkin Anda berniat menghentikan kebiasaan merokok. Tidak saja hari ini, tapi seterusnya. Terdengan klise memang, tapi tak ada salahnya dicoba. Untuk memuluskan niat, Anda dapat mencoba cara sederhana ini:

Ketahui kebutuhan


Menurut psikolog keluarga Roslina Verauli, seseorang yang akan merokok harus mengetahui terlebih dahulu kebutuhannya. "Kalau Anda merokok untuk mengikat emosional atau membutuhkan sesuatu yang berarti coba mengalihkannya dalam bentuk lain," kata Verauli.

Alihkan pola perilaku merokok dengan mengulum permen atau mengunyah makanan yang membuat segar secara moderat. Cara mudah lainnya adalah ngobrol dengan orang lain.

Ubah sugesti


Menyoal kebiasaan merokok tanpa sadar terkait dengan sugesti, pengaktifan alam bawah sadar yang diaplikasikan secara sadar. Verauli mengatakan, mereka yang merokok merasakan kenikmatan pribadi. Misal kebiasaan setelah makan atau bangun tidur.

Untuk menghentikan kebiasaan merokok: ubah sugesti. Bayangkan berapa banyak uang yang harus Anda buang untuk kenikmatan semu ini. "Merokok sama dengan membakar uang." Pertimbangkan pula bagaimana rokok berimbas pada gangguan kesehatan orang lain.

Lakukan detoks


Sudah melakukan pengecekan secara detail komposisi rokok? Rokok ini mengandung banyak zat kimia berbahaya, mulai dari belerang, karbonmonoksida, nitrogen, dan nikotin yang mempengaruhi kesehatan Anda.

Detoksifikasi dengan berhenti merokok adalah upaya pertama yang harus dilakukan. Saat sedang dalam kondisi tidak merokok, Anda dianjurkan untuk banyak mengonsumsi air putih dan akan lebih baik ditambah berolahraga. Cara itu dapat mengeluarkan nikotin yang ada di dalam tubuh melalui keringat dan urin.
tips berhenti merokok

Bangun grup


Faktor lingkungan sangat mempengaruhi perilaku seseorang. Karenanya ketika ingin berhenti merokok, Anda dapat membentuk perkumpulan dengan orang-orang yang memiliki niat sama. "Satu sama lain dapat saling memotivasi atau mengingatkan untuk tidak merokok," kata Verauli.


0 komentar:

Poskan Komentar