Kuis Kesehatan, sekedar iseng Uji pengetahuan kesehatan


Ujilah pengetahuan dasar Anda tentang makanan sehat dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan berikut  ini.  Pilihlah jawaban yang tepat, lalu pelajarilah jawabannya yang diberikan di akhir kuis ini.

1. Sumber utama energi bagi tubuh adalah:
a.    Karbohidrat
b.    Protein
c.    Lemak

2. Semakin tua seseorang, maka kebutuhan energinya pun akan semakin meningkat.
a.    Benar
b.    Salah

3. Daging sapi mengandung lebih banyak protein dari pada ikan.
a.    Benar
b.    Salah

4. Makanan sehat harus mengikutsertakan daging yang banyak.
a.    Benar
b.    Salah.

5. Agar sehat sepanjang harinya, makanlah sebutir telur setiap pagi.
a.    Benar
b.    Salah

6. Kolesterol dalam telur ayam terdapat di:
a.    Bagian putih telur
b.    Bagian kuning telur

7. Manakah yang mengandung kolesterol?
a.    Benar.
b.    Kacang tanah.
c.    Ayam.

8. Ikan tidak mengandung kolesterol.
a.    Benar.
b.    Salah.

9. Vitamin C perlu dikonsumsi setiap hari.
a.    Benar
b.    Salah

10. Vitamin mengandung kalori:
a.    Benar
b.    Salah

11. Sumber utama vitamin D adalah:
a.    Daging
b.    Susu

12. Sebaiknya berapa banyakkah garam yang harus dimakan setiap harinya?
a.    2 sendok makan
b.    1 sendok makan
c.    0,5–1,5 sendok teh

13. Agar tetap langsing jangan minum sewaktu makan.
a.    Benar
b.    Salah

14. Manakah yang membuat gemuk?
a.    Roti
b.    Daging
c.    Tidak keduanya

15. Nenas dapat menguruskan tubuh.
a.    Benar
b.    Salah

16. Untuk menurunkan berat badan jangan makan karbohidrat.
a.    Benar
b.    Salah

17. Manakah yang tidak mengandung kafein?
a.    Minuman kola
b.    Teh
c.    Sari buah.

18. Jika telah terlanjur makan terlalu banyak, maka tidak perlu makan pada waktu jam
      makan berikutnya.
a.    Benar
b.    Salah
19. Makanan manakah yang tidak mengandung serat?
a.    Polong-polongan.
b.    Buah-buahan
c.    Daging.

20. Air adalah satu-satunya minuman yang dibutuhakan manusia.
a.    Benar
b.    Salah

JAWABAN:
1. a.  Tubuh menggunakan karbohidrat sebagai sumber utama energi.  Sedangkan lemak adalah sumber yang kedua dan protein merupakan pilihan sumber yang terakhir.

2. b.    Pada umur di atas 30 tahun metabolisme tubuh semakin lambat sehingga tubuh membutuhkan lebih sedikit energi.

3. b.    Dengan berat yang sama ikan mengandung lebih banyak protein daripada daging sapi.

4. b.    Memang, protein adalah penting bagi tubuh tetapi kita tidak memerlukannya terlalu banyak.

5. b.    Telur mengandung sangat banyak kolesterol. Terlalu banyak telur tidak baik bagi tubuh.

6. b.    Bagian kuning telur ayam mengandung sekitar 250 mg kolestrol.

7. c.    Makanan nabati tidak mengandung kolesterol.

8. b.    Hampir semua ikan mengandung sekitar 50 mg kolestrol per 85 gramnya. Dengan berat yang sama, daging mengandung sekitar 75 mg kolestrol.

9. a.    Vitamin C tidak disimpan dalam tubuh. Kelebihannya dibuang melalui air kencing.

10.b.    Vitamin tidak mengandung kalori. Vitamin adalah zat kimia yang meningkatkan efisiensi pertumbuhan secara maksimum serta menjaga agar otot dan saraf dapat berfungsi dengan baik.

11. b.    Susu dan makanan yang berasal dari susu, biasanya diperkaya dengan vitamin D.

12. c.        Jumlah garam yang direkomendasikan untuk dimakan seorang dewasa setiap hari adalah 1100-3300 mg, atau sekitar 0,5-1,5 sendok teh dalam makanan.

13. b.    Minum sewaktu makan tidak akan menggemukkan. Malahan meminum air terlalu banyak sewaktu dan setelah makan akan mengganggu pencernaan.

14. c.        Tidak ada jenis makanan yang secara langsung menggemukkan. Tetapi kalori yang dikandungnyalah yang akan disimpan sebagai lemak jika tidak habis digunakan oleh tubuh.

15. b.    Nenas memang mengandung zat bromelin yang merangsang pencernaan protein. Selain itu nenas juga bersifat diuretik mempermudah proses buang air kecil. Tetapi, nenas tidak menguruskan tubuh.

16. b.    Karbohidrat adalah sangat penting. Menghilangkan karbohidrat dari menu makanan dapat mengganggu keseimbangan kadar asam dalam tubuh.

17. c.        Semua sari buah tidak mengandung kafein. Satu botol minuman kola dapat mengandung 40-65 mg kafein, satu gelas teh mengandung 75 mg, dan satu gelas kopi mengandung sekitar 130 mg kafein.

18. b.    Dengan tidak makan pada jam berikutnya, sistem kerja pencernaan tubuh akan tidak teratur. Oleh sebab itu, walaupun telah makan terlalu banyak sebelumnya, tetaplah makan juga pada jam makan berikutnya walaupun hanya sedikit.

19. c.        Hanya tumbuh-tumbuhan yang mengandung serat.

20. a.        Minuman lainnya hanya untuk kenikmatan tambahan saja.

Ada banyak alasan mengapa kita harus mengkonsumsi makanan.  Alasan yang baik adalah “makan agar sehat”.  Kita tahu bahwa seeorang yang sakit atau sakit-sakitan mempunyai banyak pantangan sehingga tidak bebas memilih makanannya sendiri.  Oleh sebab itu, marilah makan agar bisa sehat supaya bisa sehat untuk makan

Penyebab Stress dalam Kehidupan Sehari-hari


Sebenarnya, apakah yang menyebabkan stres? Pertanyaan ini sangat sulit dijawab.  Sebab, hal-hal yang menimbulkan stres bagi seseorang belum tentu akan menimbulkan hal yang sama bagi orang lain.  Di samping itu, daftar hal-hal yang dapat menimbulkan stres sangatlah panjang.  Berikut ini adalah kesimpulan yang dapat ditarik mengenai sumber dan penyebab stres atau stressor secara umum.

Pertama, yang paling jelas adalah, tingkat dampak stres akan sangat ditentukan oleh sikap masing-masing individu.  Contohnya, gempa bumi yang dasyat memang akan mengganggu setiap orang, akan tetapi kata-kata hinaan belum tentu akan mengganggu perasaan setiap orang yang menerimanya.

Kedua, keadaan lingkungan akan menentukan tingkat dampak stres.  Contoh, suara ribut yang berasal dari dari ruang kantor kita sendiri akan lebih dapat ditoleransi daripada yang berasal dari ruang kantor orang lain.

Ketiga, hal yang telah diharapkan sebelumnya akan kurang mengganggu daripada hal yang kedatangnya sama sekali tidak diharapkan.  Dan, dampaknya akan lebih besar jika kejadian itu tidak dapat diramalkan sama sekali.

Keempat, mungkin yang terpenting adalah ketidakmampuan seseorang dalam mengatasi keadaan akan menimbulkan stres yang sangat besar.  Seseorang akan lebih tenang dalam menghadapi masalah jika dia tahu bahwa dia akan mampu mengatasi masalah tersebut.

penyebab Stress


Selanjutnya marilah kita tinjau beberapa sumber stress (stressor) pekerjaan yang paling umum ditemui para pekerja dan profesional worker dalam kehidupan modern sekarang ini.


PEKERJAAN YANG TERLALU BERAT ATAU TERLALU RINGAN. 
Seseorang yang terlalu cepat naik pangkat atau mendapat jabatan tanpa dibarengi oleh pengalaman serta kematangan jiwa yang cukup akan mengalami banyak stres.  Seseorang yang diberi pekerjaan yang tidak sebanding dengan kemampuannya pun akan mengalami hal yang sama.


PERUBAHAN. 
Alvin Toffler memulai bukunya yang berjudul Future Shock dengan pernyataan sebagai berikut: “Jutaan manusia biasa, yang normal jiwanya akan berbenturan secara tiba-tiba dengan masa depan”.  Buku itu mendefinisikan future shock (kejutan masa depan) sebagai “Terganggunya arah kehidupan yang disebabkan oleh tibanya masa depan sebelum waktunya”.  Demikian juga John Naisbitt.  Dalam bukunya yang berjudul Megatrends beliau menyatakan bahwa negara Amerika khususnya dan dunia umumnya, sedang mengalami banjir informasi yang dapat menelan mereka yang bertanggung jawab untuk menyerap arus informasi tersebut.  Perubahan norma dan pola kehidupan terjadi begitu cepat dan tak menentu, sehingga akan dapat membuat kita bingung dan bahkan putus asa.  Segala macam jenis perubahan yang terjadi di masyarakat luas maupun yang terjadi di kantor akan dapat menjadi sumber stres yang cukup besar.

POSISI TENGAH. 
Sumber stres yang lain adalah upaya para eksekutif untuk membuat para atasan dan bawahannya senang walaupun keinginan kedua belah pihak berbeda dan bahkan bertentangan.  Siapa pun yang berada dalam posisi ini, berada dalam keadaan sulit dan tidak akan selamanya bisa berhasil dalam usahanya tersebut.

TEKANAN.
Banyak eksekutif yang secara sadar atau tidak sadar telah menjadi budak waktu.  Seperti halnya di sekolah-sekolah berasrama, kelihatannya si pemukul bel-lah yang paling berkuasa.  Seolah-olah dialah yang menentukan kapan para pengajar boleh memulai atau mengakhiri perkuliahan, kapan siswa boleh makan, kapan mereka harus tidur dan bangun, dan sebagainya.  Di kantor terasa terlalu sedikit waktu untuk mengerjakan pekerjaan yang begitu banyak.  Akan tetapi, banyak dari tekanan yang timbul adalah akibat ulah sendiri dengan membuat tujuan kerja yang terlalu tinggi.

PERSELISIHAN. 
Hal ini sering menjadi sumber ketegangan dalam kantor.  Suasana kerja yang tegang  akan merongrong semangat kerja. Jenis perselisihan yang timbul akan sangat bervariasi.  Akan tetapi, banyak dari perselisihan yang timbul merupakan akibat dari perbedaan yang mencolok dalam tingkat inteligensia, kecepatan berpikir, rasa tanggung-jawab, keluwesan bergaul, serta latar belakang kehidupan keluarga.

PERAN GANDA. 
Wanita karir yang telah berumah tangga memiliki pekerjaan ganda, yang masing-masingnya menuntut perhatian yang cukup besar. Besar kemungkinan bahwa tanggung jawabnya di kantor akan berbenturan dengan tanggung jawabnya di rumah.  Peran ganda ini dapat menjadi sumber stress yang potensial sehingga dibutuhkan ketrampilan khusus untuk menjaga kedua tanggung jawab ini dapat berjalan bersama-sama secara seimbang dan serasi.

Banyak hal lainnya yang dapat menjadi sumber stres bagi setiap orang yang masih hidup. Sebab, hampir semua hal yang kita temui dalam hidup ini dapat  menjadi  sumber stress yang potensial.
Berbicara mengenai stres, satu hal yang pasti adalah: kita sama sekali tidak dapat menghindari stres.  Akan tetapi, masing-masing kita dapat berbuat sesuatu untuk mengatasi stres itu.

Beberapa Cek Kesehatan Rutin yang Penting


Boleh jadi anda bertanya-tanya dalam hati mengapa  perlu check-up setiap tahun (365 hari). Apa yang unik soal 365 hari. Mengapa tidak 457 atau 754 hari? Sebenarnya, hal ini disebut check-up tahunan agar lebih mudah diingat. Lebih dari itu, dalam kata tahunan tersebut tersirat satu arti yang menunjukkan suatu kerutinan. Check-up yang bersifat rutin dapat selalu mengingatkan tentang kesehatan diri kita. Di samping itu, ada beberapa penyakit yang mudah disembuhkan jika diketahui secara dini. Dengan kata lain, semakin tepat informasi yang kita dapatkan tentang kesehatan diri kita, maka semakin bijaksana pula keputusan-keputusan yang dapat kita buat demi kesehatan tersebut.

Berikut ini adalah beberapa tes medis yang paling umum dan paling penting yang dapat menolong kita dalam menjaga kesehatan kita.  Dan, juga yang dapat memberikan amaran secara dini tentang kemungkinan adanya suatu masalah.

Tes kolorektal dapat menunjukkan adanya kanker dubur serta dapat memberikan gambaran tentang penyakit lainnya seperti diverticulosis atau ulcerative colitis.  Tes ini menggunakan sigmoidoskopi dan atau rontgen. Tes ini tidak perlu bagi mereka yang berumur di bawah 50 tahun. Setelah itu perlu setiap tahun jika diduga memiliki faktor keturunan untuk itu.  Pemeriksaan tahunan ini dilaksanakan secara berturut-turut, kemudian sekali dalam 3-5 tahun. Demikianlah digariskan oleh American Cancer Society. Untuk jenis kanker ini, Dr Timothy Denzier seorang  gerentolog (ahli penyakit manula) menyatakan bahwa hanya 10% dari kanker ini yang dapat ditemukan secara manual. Sedangkan, dengan sigmoidoskopi dapat ditemukan lebih dari 50%.

Tes Mammogram dapat menemukan adanya kanker payudara setahun lebih awal daripada dengan tes rabaan. Jika kanker payudara ditemukan secara dini, maka sipenderita mempunyai peluang untuk selamat sebesar 90%. Tes ini tidak perlu dilakukan sebelum berumur 40 tahun, lalu pada umur 40-49 tahun jika ada faktor resiko yang besar, dan 1 kali setahun di atas umur 50 tahun. Jika seseorang memiliki faktor keturunan untuk kanker ini, maka di atas usia 40 tahun dia harus melakukan tes ini sebanyak 1 kali setahun.

Tes gula darah dan urin adalah penting untuk mengetahui adanya diabetes mellitus atau hiperglikemi maupun hipoglikemi, serta berguna untuk mengetahui adanya kelainan pada kelenjar tiroid dan adrenalin. Tes ini harus dilakukan setiap dua tahun bagi mereka yang memiliki fakor keturunan diabetes, dan setiap 3-5 tahun bagi yang lainnya. Dan, sesering yang ditentukan oleh dokter bagi mereka yang diduga mengidap diabetes.

Tes kolesterol menunjukkan kadar kolestrol dalam darah. Ini penting, sebab kadar kolestrol yang  tinggi dalam darah berhubungan erat dengan penyumbatan pembuluh darah. Tes ini dapat dilakukan setiap 10 tahun mulai masa dewasa. Jika tes menunjukkan kadar di atas normal yaitu di atas 260 mg/100 ml darah, maka Anda perlu mengubah gaya makan  Anda, dan perlu menjalani tes yang lebih sering. Para pasien yang memiliki risiko penyakit jantung harus melakukan tes ini setiap tahun atau menurut petunjuk dokter.
cek kesehatan, medical check up yang penting dilakukan secara berkala


Tes tekanan darah dapat menunjukkan adanya hipertensi yang boleh jadi tersembunyi selama ini. Tes ini sangat murah dan dapat Anda lakukan sendiri. Perlu bagi mereka yang mengalami pusing-pusing, payah jantung, dan perasaan kurang enak pada seluruh tubuh. Lagi pula tes ini adalah satu pemeriksaan rutin yang dilakukan di rumah-rumah sakit dan ruang praktek dokter. Tekanan darah yang tinggi akan melemahkan jantung dan seluruh sistem peredaran darah. Tes  ini dapat dilakukan 1 kali dalam 5 tahun bagi mereka yang berumur di bawah 40 tahun dan 1 kali dalam 1-3 tahun bagi mereka yang berumur di atas 40 tahun serta yang memiliki faktor  turunan memiliki tekanan darah tinggi.

Tes Elektrokardiogram (EKG) dapat menunjukkan penyakit pembuluh darah jantung, pembengkakan jantung, radang, denyutan jantung yang abnormal, serta kadar abnormal dari mineral-mineral yang mengatur sistem pendenyutan jantung. Ini dapat dilakukan setiap tahun bagi mereka yang berumur di atas 40 tahun, atau mereka yang telah berumur di atas 40 tahun dan berencana untuk memulai program olahraga rutin dan keras.

Cardiac Stress Test dilakukan untuk mengukur daya tahan atau kekuatan jantung sewaktu dibebani oleh olahraga. Tes ini dapat menunjukkan adanya pembuluh darah yang menyempit atau tersumbat, yang tidak ditunjukkan oleh tes EKG. Tes ini perlu karena pembuluh darah yang telah menyempit tetap dapat berfungsi secara normal jika seseorang berada dalam keadaan istirahat. Tetapi, tidak akan dapat berfungsi sebagaimana mestinya sewaktu sedang berolahraga.

Dengan membaca daftar tes yang dapat dilakukan di laboratorium rumah sakit atau klinik, maka akan telihat bahwa ada tes untuk hampir semua bagian tubuh kita. Tidak semua tes tersebut perlu bagi setiap orang yang bergaya hidup sehat. Beberapa di antaranya akan perlu bagi mereka yang memiliki risiko tinggi terhadap penyakit tertentu seperti sakit jantung, diabetes, hipertensi, atau mereka yang mengidap salah satu penyakit tersebut. Serta bagi mereka yang memiliki gaya hidup berisiko tinggi seperi perokok, peminum, yang tidak bertarak dalam hal makanan maupun bekerja, serta yang terpapar ke zat-zat yang berbahaya di tempat bekerja.

Jika Anda merasa perlu menjalani salah satu tes medis di atas, konsultasikan dengan dokter Anda. Dia tahu yang terbaik.

Resiko Kantor ber AC, Fakta ilmiah tentang AC


Sebagai pegawai kantoran boleh jadi Anda merasa sangat beruntung jika dibandingkan dengan mereka-mereka yang harus bekerja di pabrik dan pertambangan, karena tidak harus terpajan ke pelbagai racun gas maupun racun lainnya. Dalam satu segi ini memang benar, akan tetapi tidak ada pegawai kantor yang benar-benar terlindung dari risiko bahaya. Buktinya, di Amerika Serikat sendiri, satu negara yang memiliki peraturan keselamatan kerja yang sangat ketat, terjadi lebih dari 40.000 kasus kecelakaan yang mengakibatkan cacat fisik, dan sekitar 200 kasus kematian yang berhubungan dengan keselamatan kerja setiap tahunnya.

Seorang pegawai yang bekerja di kantor yang nyaman dan sejuk pernah mengatakan: “Saya masuk ke kantor dengan semangat yang besar untuk menyelesaikan semua tugas saya dengan cepat dan tepat. Anehnya, setelah beberapa jam mata saya mulai perih dan kepala saya mulai terasa berat sehingga saya tidak bisa berkonsentrasi sepenuhnya. Pada saat-saat seperti ini saya merasa mengantuk.  Perasaan saya membaik setelah pulang makan dari kantin di gedung yang terletak di seberang jalan.  Tetapi, perasaan mengantuk itu muncul lagi menjelang sore hari”.

Boleh jadi gejala-gejala yang dialami oleh si pegawai di atas bukanlah sesuatu yang aneh bagi mereka yang bekerja di ruang yang ber-AC, yaitu ruangan yang dirancang sedemikian rupa sehingga kedap udara dan hemat energi.  Ada beberapa hal yang dapat menjadi faktor penyebab gejala-gejala tersebut.  Satu di antaranya adalah karbon monoksida yang masuk melalui sistem ventilasi.  Boleh jadi gas ini berasal dari knalpot mobil yang berada di lantai dasar bangunan yang berfungsi sebagai ruang parkir.

AC di kantor, efek dan resikonya

Yang lainnya adalah zat formaldehida.  Zat ini adalah salah satu bahan baku dalam pembuatan bahan insulator, karpet, serta peralatan kantor lainnya, sehingga dapat menguap dari benda-benda lain lalu mengotori udara sekitarnya.  Di samping asap rokok teman sekerja, fungus, maupun bakteri dari sistem ventilasi yang kurang sempurna, gas ozon yang berasal dari mesin fotokopi pun dapat menyebabkan timbulnya gejala-gejala di atas.

Salah satu jalan untuk memecahkan masalah ini adalah dengan mengganti udara yang beredar dalam bangunan itu dengan udara yang lebih segar dari luar.  Tetapi, pemecahan ini kurang cocok sebab ruang kantor yang ber-AC dirancang agar kedap udara untuk menghemat biaya listrik.   Karena akan dibutuhkan biaya tambahan untuk mendinginkan udara segar yang dari luar.  Itulah sebabnya mengapa udara yang beredar dalam bangunan itu adalah udara yang sama yang didaur ulang.  Sistem pendauran ulang udara ini akan meningkatkan konsentrasi zat-zat pencemar dalam ruangan itu.  Zat-zat pencemar ini akan dapat berakibat buruk karena mempengaruhi kesehatan dan produktivitas kerja.

Sangat sedikit yang diketahui tentang dampak jangka panjang pencemaran udara ruangan ber-AC terhadap kesehatan.  Akan tetapi, sekarang telah banyak studi yang membuahkan bukti ilmiah bahwa asap rokok yang beredar dalam ruangan yang ber-AC berbahaya juga bagi yang tidak merokok yang berada dalam ruangan itu. Seorang yang tidak merokok yang menghirup asap rokok yang berasal dari seorang yang sedang merokok disebut perokok pasif.

Pada waktu sedang merokok, bukan hanya kedua paru-paru si perokok yang akan tercemar, paru-paru orang lain yang berada di sekitarnya juga ikut tercemar.  Asap rokok yang dihirup oleh si perokok pasif dapat berasal dari: pertama, dari ujung rokok yang sedang terbakar, dan kedua, asap rokok yang dihembuskan ke luar oleh si perokok aktif.  Semua zat racun yang terdapat dalam asap rokok dari sumber pertama diedarkan langsung ke udara sekitarnya.  Sedangkan jumlah racun yang tersisa dalam asap rokok dari sumber kedua tergantung kepada berapa dalam asap rokok itu dihisap sebelum dihembuskan ke luar oleh si perokok itu.

Secara nasional, Biro Kesehatan Lingkungan serta Badan Kesehatan dan Keselamatan Kerja negara Amerika Serikat menetapkan bahwa konsentrasi karbon monoksida di tempat kerja tidak boleh melebihi 50 ppm (parts per million) selama 8 jam kerja.  Akan tetapi, banyak kantor ber-AC yang konsentrassi karbon monoksidanya akan melebihi angka itu, jika di dalamnya banyak pegawai yang merokok dan jika pada saat yang sama sistem ventilasinya kurang baik.  Riset yang dilakukan oleh lembaga yang sama menunjukkan, bahwa gedung ber-AC yang memiliki ventilasi yang baik sekalipun bisa memiliki konsentrasi karbon monoksida yang lebih tinggi daripada udara kotor kota besar, jika memang banyak yang merokok dalam ruangan itu.

Hasil riset Dr. H. Hess yang dilaporkan dalam majalah Clinical Research menunjukkan bahwa konsentrasi karbon monoksida dalam darah seseorang yang berada dalam ruang yang penuh asap rokok, dapat menyamai darah seseorang yang telah mengisap  5–10 batang rokok. Angka konsentrasinya yang tepat tergantung kepada berapa lama dia berada dalam ruangan itu dan berapa tebal asap rokok yang terdapat di dalamnya.

Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa seseorang yang sama sekali tidak pernah merokok dapat memiliki peluang yang cukup besar untuk menderita penyakit yang diderita oleh seorang perokok. Hal ini benar jika ia selalu berdampingan dengan mereka yang merokok.

Penelitian menunjukkan bahwa seorang anak yang salah satu orang tuanya adalah perokok, memiliki risiko 60% lebih besar untuk menderita radang paru-paru dan bronkitis. Risiko ini 120% lebih besar bagi anak yang kedua orang tuanya adalah perokok. Adalah suatu perkembangan yang besar dimana bahwa di DKI Jakarta sudah ada larangan untuk merokok di tempat umum.  Namun, saat ini kendalanya adalah banyaknya orang yang tetap masih melanggar aturan ini.  Semoga propinsi-propinsi lainnya pun akan mengikuti terobosan yang bijaksana ini.

Ketiga riset yang dilakukan di Yunani oleh Dr. D. Trichopoulos, dkk., di Jepang oleh Dr. T. Hirayama, serta di Amerika Serikat oleh Dr. G. H. Miller memberikan hasil yang sama yaitu: “ Peluang untuk mendapat kanker paru-paru bagi seorang istri yang suaminya adalah perokok jauh lebih besar daripada yang suaminya tidak merokok.”

Riset Dr. M. Shigeru dari Kyoto School of Medicine bekerja sama dengan Japan Tobacco Corporation dan Departmen Pendidikan negara sakura ini menghasilkan tiga resolusi yang di publikasikan di New England Journal of Medicine. Rangkuman ketiga resolusi itu menyatakan bahwa: “Sebaiknya perokok dilarang merokok di sekitar mereka yang tidak merokok.”

Banyak pegawai kantor yang bukan perokok enggan melarang rekan sekerjanya yang merokok dalam ruangan tempat mereka bekerja, sebab mereka merasa bahwa sepatutnya pihak manajemenlah yang pantas menegur mereka.  Memang akan sulit bagi si perokok untuk tidak merokok sepanjang jam kerja.  Untuk itu, perlu disediakan tempat-tempat khusus dimana seorang pegawai dapat merokok tanpa harus meracuni rekan sekerjanya yang tidak merokok.

Telah dibahas sebelumnya bahwa merokok jelas mengganggu kesehatan.  Selanjutnya akan dibahas bahwa daya saing satu perusahaan akan berkurang jika kesehatan pegawainya terganggu. Dengan demikian, tidaklah sulit untuk menyimpulkan bahwa pencemaran ruangan kerja yang ber–AC oleh asap rokok dapat mengurangi daya saing satu perusahaan dalam dunia bisnis yang dipengaruhi oleh persaingan yang ketat.

Gaya Hidup Sehat Seutuhnya; Harga Sebuah Kesehatan


Dalam usahanya untuk mencari makna hidup, manusia berusaha untuk mencari harga dirinya.  Segala macam cara digunakan dalam upayanya untuk menentukan nilai setiap orang.  Di arena pertandingan dicari siapa yang tercepat, terkuat, maupun yang terberani.  Di tempat pekerjaan diadakan evaluasi atau penilaian untuk penentuan kenaikan pangkat maupun gaji.

Para ahli kimia pun telah mengadakan riset laboratorium untuk mencari harga pasaran bahan-bahan kimia yang membentuk tubuh manusia seperti karbon, hidrogen, oksigen, natrium, yodium, klor, flor, selenium, molibdenum, dan sebagainya.

 Hasil riset laboratorium tersebut menyatakan bahwa jika unsur kimiawi tubuh manusia dapat dipisahkan satu per satu, lalu dicocokkan dengan harganya di toko bahan kimia, maka kita dapat menentukan harga tubuh manusia dari segi bahan kimianya.

Para ilmuwan melaporkan bahwa berikut ini adalah “harga” tubuh manusia.  Pada tahun 1930-an kira-kira 98 sen AS atau Rp 9.100 (Kurs 1 Dolar AS = Rp 9.300).  Tahun 1960-an 3,50 dolar atau kira-kira Rp 32.500.  Tahun 1970-an 5,60 dolar atau kira-kira Rp 52.000.  Dengan catatan, jika berat tubuhnya adalah 70 kilogram, maka sekitar 45 kilogram dari berat tersebut adalah air, gratis!
Murah! Ya, mungkin juga.  Bagaimana dengan nilainya pada tahun 1980-an?

Terjadi peningkatan nilai bukan karena manusia menjadi tambah mahal, tetapi karena alat penganalisis kimia yang tersedia semakin canggih.

Dr. Harold J. Morovitz melaporkan satu hal yang cukup mengagetkan di Journal of Hospital Practice.  Dia menulis artikel tersebut setelah mendapat kartu hari ulang tahun dari putrinya, yang bertuliskan “Menurut para ahli biokemia zat-zat yang membentuk tubuh manusia hanya bernilai 98 sen AS”.  Sebagai reaksinya terhadap pernyataan itu, beliau mencari tahu berapa sebenarnya nilai uang bahan kimia yang membentuk tubuh manusia.  Sebagai hasil penyelidikannya, beliau melaporkan bahwa harga pasaran beberapa zat kimia yang membentuk tubuh manusia adalah sebagai berikut:

    Haemoglobin                                    $ 285/gram
    Insulin                                                        $  47,50/gram
    Tripsin                                                        $  36/gram
    Zat empedu                                        $  12/gram
    Kolagen                                                    $  15/gram
    Albumin                                                $    3/gram
    Asam deoksiribonukleat                    $  76/gram

Ada beberapa zat yang jumlahnya dalam tubuh agak sedikit, sehingga harganya agak lebih mahal seperti yang tertera di bawah ini.

Asetat kinase                                            $  8.860/gram
Alkalin fosfat                                        $     225/gram
Asam hialuronik                                $     175/gram
Brodikinin (asam amino)                 $12.000/gram

Yang cukup mengagetkan adalah dua jenis hormon yang terdapat dalam tubuh wanita yang memang sangat mahal seperti berikut ini:

Hormon FSH                    $   8.000.000/gram
Hormon Prolaktin             $ 17.500.000/gram

Dengan menghitung persentase setiap bahan kimia dalam tubuh, maka nilai manusia adalah $ 245,54 per gramnya.  Maka, nilai bahan kimia tubuh seseorang dengan berat tubuh 70 kilogram dengan berat kering (tanpa air) sekitar 45 kilogram, akan bernilai lebih US$ 11.000 atau sekitar Rp 103.000.000.000.

Sangat mahal? Tentu.  Dengan diciptakannya alat penganalisis yang lebih canggih, maka nilai tersebut akan terus meningkat.

Seyogyanya, manusia tidaklah ternilai harganya.  Sebab nilai di atas barulah “harga” tubuhnya.  Kita semua yakin bahwa nilai napas hidupnya bernilai lebih dari itu.  Belum lagi dihitung nilai rohaninya.
Tidak dapat disangkal lagi bahwa tubuh manusia adalah “harta benda” yang sangat mahal.  Sehingga perlu dipelihara dan dijaga keutuhannya dengan baik dan hati-hati.

Anda memiliki tubuh yang mahal.  Namun, nilai sejati tubuh Anda naik dan turun tergantung pada gaya hidup Anda.  Bagaimanakah cara menaikkan nilai tubuh kita? Yaitu dengan menjaga keutuhan dan tingkat kesehatannya

Apa yang dimaksud dengan blog?


Blog merupakan singkatan dari web log, blog adalah sebuah situs yang asal mulaya merupakan catatan harian online yang dibuat oleh siapa pun, kapan pun, dan di manapun. Berbeda dengan situs berita pada umumnya, isi blog cenderung lebih lugas, jujur, terus terang, apa adanya, dan lebih fenomenal. Blog kebanyakan  ditulis oleh orang pribadi  alias milik pribadi berbeda dengan  website pada umumnya.
pengertian nanfaat tujuan dan macam-macam blog gratis
Blogging
Menurut Wikipedia, Blog merupakan singkatan dari web log adalah bentuk aplikasi web yang menyerupai tulisan-tulisan (yang dimuat sebagai posting) pada sebuah halaman web umum. Tulisan-tulisan ini seringkali dimuat dalam urut terbalik (isi terbaru dahulu baru kemudian diikuti isi yang lebih lama), meskipun tidak selamanya demikian. Situs web seperti ini biasanya dapat diakses oleh semua pengguna Internet sesuai dengan topik dan tujuan dari si pengguna blog tersebut.
Media blog pertama kali dipopulerkan oleh Blogger.com, yang dimiliki oleh Pyra Labs sebelum akhirnya PyraLab diakusisi oleh Google.Com pada akhir tahun 2002 yang lalu. Semenjak itu, banyak terdapat aplikasi-aplikasi yang bersifat sumber terbuka yang diperuntukkan kepada perkembangan para penulis blog tersebut.

Blog mempunyai fungsi yang sangat beragam,dari sebuah catatan harian, media publikasi dalam sebuah kampanye politik, sampai dengan program-program media dan perusahaan-perusahaan. Sebagian blog dipelihara oleh seorang penulis tunggal, sementara sebagian lainnya oleh beberapa penulis, . Banyak juga weblog yang memiliki fasilitas interaksi dengan para pengunjungnya, seperti menggunakan buku tamu dan kolom komentar yang dapat memperkenankan para pengunjungnya untuk meninggalkan komentar atas isi dari tulisan yang dipublikasikan, namun demikian ada juga yang yang sebaliknya atau yang bersifat non-interaktif.

Situs-situs web yang saling berkaitan berkat weblog, atau secara total merupakan kumpulan weblog sering disebut sebagai blogosphere. Bilamana sebuah kumpulan gelombang aktivitas, informasi dan opini yang sangat besar berulang kali muncul untuk beberapa subyek atau sangat kontroversial terjadi dalam blogosphere, maka hal itu sering disebut sebagai blogstorm atau badai blog.

Komunitas Blogger


Komunitas blogger adalah sebuah ikatan yang terbentuk dari [para blogger] berdasarkan kesamaan-kesamaan tertentu, seperti kesamaan asal daerah, kesamaan kampus, kesamaan hobi, dan sebagainya. Para blogger yang tergabung dalam komunitas-komunitas blogger tersebut biasanya sering mengadakan kegiatan-kegiatan bersama-sama seperti kopi darat.

Untuk bisa bergabung di komunitas blogger, biasanya ada semacam syarat atau aturan yang harus dipenuhi untuk bisa masuk di komunitas tersebut, misalkan berasal dari daerah tertentu.

Jenis-jenis blog

  • Blog politik: Tentang berita, politik, aktivis, dan semua persoalan berbasis blog (Seperti kampanye).
  • Blog pribadi: Disebut juga buku harian online yang berisikan tentang pengalaman keseharian seseorang, keluhan, puisi atau syair, gagasan jahat, dan perbincangan teman.
  • Blog bertopik: Blog yang membahas tentang sesuatu, dan fokus pada bahasan tertentu.
  • Blog kesehatan: Lebih spesifik tentang kesehatan. Blog kesehatan kebanyakan berisi tentang keluhan pasien, berita kesehatan terbaru, keterangan-ketarangan tentang kesehatan, dll.
  • Blog sastra: Lebih dikenal sebagai litblog (Literary blog).
  • Blog perjalanan: Fokus pada bahasan cerita perjalanan yang menceritakan keterangan-keterangan tentang perjalanan/traveling.
  • Blog riset: Persoalan tentang akademis seperti berita riset terbaru.
  • Blog hukum: Persoalan tentang hukum atau urusan hukum; disebut juga dengan blawgs (Blog Laws).
  • Blog media: Berfokus pada bahasan kebohongan atau ketidakkonsistensi media massa; biasanya hanya untuk koran atau jaringan televisi
  • Blog agama: Membahas tentang agama
  • Blog pendidikan: Biasanya ditulis oleh pelajar atau guru atau para pemerhati pendidikan.
  • Blog kebersamaan: Topik lebih spesifik ditulis oleh kelompok tertentu.
  • Blog petunjuk (directory): Berisi ratusan link halaman website.
  • Blog bisnis: Digunakan oleh pegawai atau wirausahawan untuk kegiatan promosi bisnis mereka
  • Blog pengejawantahan: Fokus tentang objek diluar manusia; seperti anjing
  • Blog pengganggu (spam): Digunakan untuk promosi bisnis affiliate; juga dikenal sebagai splogs (Spam Blog)
sumber ; Wikipedia

Manfaat dan tujuan dalam nge Blog

  • Sebagai sarana untuk mengekspresikan diri, ajang curhat, menyampaikan uneg-uneg dan ekspresi lain dari diri si pemilik blog
  • Sebagai wadah penyaluran bakat dalam menulis.
  • Sebagai sarana mempromosikan produk barang atau jasa termasuk promosi diri misalnya seorang artis atau pakar ahli tertentu.
  • Sebagai sumber penghasilan baik penghasilan utama maupun penghasilan sampingan 
  • Sebagai tempat berbagi ilmu pengetahuan
 

Macam-Macam Blog

 

Berbagai macam dan jenis blog dapat dibedakan atas media yang digunakan, perangkat (device) yang dipakai untuk membuat blog, isi blog, dan sebagainya. Berikut jenis-jenis blog yang umumnya ada di Internet.

1. Blog biasa
Umumnya blog berisi content dalam bentuk tulisan saja. Inilah yang dinamakan dengan blog pada umumnya.

2. Photoblog
Atau dikenal juga dengan fotolog, merupakan sebuah blog yang fokus isinya berupa foto-foto / image.

3. Podcast
Podcast merupakan sebuah blog yang memuat file-file audio yang bisa di-download. Umumnya dalam bentuk MP3, sehingga dikenal juga dengan istilah MP3 blog.

4. Vlog
Vlog merupakan singkatan dari video blog. Blog jenis ini isinya berupa video.

Jenis-jenis Blog / Penyedia Blog Gratisan lokal maupun internasional

  • Blogger.com
  • wordpress.com
  • Typepad.com
  • livejournal.com
  • blogdrive.com
  • blogsome.com
  • edublogs.org
  • diaryland.com
  • xanga.com

Penyedia blog lokal gratis.

  • blogdetik.com
  • kompasiana.com
Buat Kamu yang mau belajar Blogspot silakan buka Link Ini
Demikian penjelasan mengenai pengertian blog, manfaat dan tujuan nge blog, jenis dan macam-macam blog serta penyedia blog gratis lokal / Indonesia maupun dunia/ Internasional.

Tips Agar Postur Tubuh Baik



Semua orang tentunya ingin selalu tampil awet muda. Oleh karena itu, kebanyakan orang berlomba-lomba melakukan segala upaya agar selalu tampil muda. Bahkan, berbagai prosedur operasi pun dijalani agar dapat tampil lebih muda. Namun, apakah ada yang pernah terpikir bahwa dapat berdiri dengan tegak di usia tua juga penting? Bayangkan jika kulit wajah masih kencang, namun badan sudah bungkuk? Tentunya kita akan terlihat tua dengan badan yang bungkuk. Postur yang baik akan lebih membuat seseorang tampak lebih muda dibandikan dengan face lift atau Botox. Face lift adalah operasi plastik untuk menghilangkan kerutan wajah, kulit kendur, timbunan lemak, atau terlihat tanda-tanda penuaan lain untuk tujuan kosmetik. Postur yang baik juga mempunyai manfaat dapat menjaga kesehatan tulang. Meskipun postur membungkuk mungkin akan terjadi secara alami seiring dengan bertambahnya usia. Namun kita dapat mencegah kerusakan tulang belakang yang sering disebabkan oleh osteoporosis, serta mencegah kerusakan tulang atas dan tengah. Seperti dikutip dari Health.com. Berikut 7 Cara Untuk Memiliki Postur Tubuh Yang Bagus, yaitu :

1. Peregangan
Kebanyakan orang menghabiskan waktu dengan duduk membungkuk di depan komputer. “Peregangan dan meningkatkan jangkauan gerak adalah merupakan hal yang penting,” kata Jonathan F. Bean, MD, MS, MPH, sebuah asisten profesor di department of physical medicine and rehabilitation at Harvard Medical School di Boston. Untuk menjaga tubuh tetap lentur, cobalah untuk bangun selama beberapa menit setiap setengah jam dan melakukan peregangan, berjalan, atau hanya sekedar berdiri.

2. Melakukan Latihan Ringan
Cobalah latihan ini: Setiap pagi dan malam, berbaring di lantai dan melakukan relaksasi dengan meletakkan kedua tangan seolah-olah melingkari kepala selama 2 atau 3 menit. Untuk latihan tambahan, letakkan gulungan handuk di lantai, yaitu tepat di bawah tulang belakang, kemudian lakukan peregangan. “Tetapi lakukan peregangan ini secara perlahan-lahan dan berhentilah jika merasa tidak nyaman atau sakit,” kata Dr. Bean. “Jika ingin menyelesaikan latihan ini, pastikan bahwa sudah mendapatkan fleksibilitas terlebih dahulu,” tambah Dr. Bean.

3. Duduk Lurus
“Bila harus bekerja dengan duduk di kursi, duduklah dengan baik, dengan postur tubuh tegak dan lurus merupakan kebiasaan yang baik,” kata Rebecca Seguin, PhD, seorang ahli physiologist and nutritionist di Seattle. “Hal ini dapat dilakukan dengan membiasakan diri, disiplin latihan yang berfokus pada kesadaran tubuh, seperti pilates dan yoga, dapat membantu tubuh untuk tetap duduk lurus,” tambah Seguin. Pastikan tempat kerja Anda dikondisikan untuk dapat melakukan postur tubuh yang tepat.

4. Memperkuat Otot
Pilates dan yoga adalah cara yang bagus untuk membangun kekuatan otot, otot-otot perut, dan daerah panggul. Otot-otot ini membentuk dasar dari postur yang baik, dan otot kuat dapat memiliki manfaat lain, yaitu mencegah urinary incontinence. Urinary incontinence adalah hilangnya kontrol kandung kemih. Sebuah otot yang kuat bahkan dapat membuat seks lebih menyenangkan.

5. Lakukan Yoga
Selain membantu untuk meningkatkan kesadaran tubuh dan kekuatan otot, menurut Dr Bean yoga juga merupakan cara terbaik untuk membangun dan mempertahankan fleksibilitas dan memperkuat otot-otot seluruh tubuh. Mulailah berlatih yoga secara bertahap dan mengamati respon tubuh. Pastikan guru yoga mengerti kebutuhan dan kemampuan Anda. Hatha atau yoga restoratif adalah latihan yang baik untuk memulai latihan bagi seorang pemula.

6. Perkuat Tulang Belakang
Setelah menopause, otot-otot sekitar tulang belakang perempuan mungkin telah melemah lebih parah dibandingkan dengan laki-laki. Latihan khusus untuk otot ekstensor punggung, fleksor leher, otot-otot panggul, dan otot samping merupakan latihan yang penting. Pelatih dapat membantu, bahkan ada alat-alat khusus untuk latihan khusus otot-otot ini. Menurut Dr. Bean, ketahanan tulang belakang dan batang otot juga penting. Hal itulah yang membuat tubuh tetap dapat berdiri tegak tanpa rasa yang menyakitkan.

7. Angkat Beban
Vertebral compression fractures dapat mengurangi tinggi badan dan merupakan ciri dari usia tua. Hal tersebut disebabkan oleh penyakit osteoporosis yang mengakibatkan menipisnya tulang. Wanita dan laki-laki dapat mencegah terjadinya osteoporosis dengan beberapa latihan, seperti berjalan, memanjat tangga, dan angkat beban. “Orang yang melakukan jalan kaki secara teratur selama hidup mereka cenderung memiliki kepadatan tulang yang lebih baik,” jelas Seguin.

Dokter sebagai Mitra Kesehatan Kita


Sangat disayangkan bahwa sebagian orang baru menyadari perlunya kesehatan hanya setelah mereka jatuh sakit.  Sewaktu sehat mereka tidak terlalu menghiraukan gaya hidup mereka serta dampaknya terhadap kesehatan.  Mungkin mereka tidak peduli karena banyak dokter ahli yang dapat menyembuhkan berbagai jenis penyakit.  Barangkali juga mereka tidak terlalu peduli sebab berapa pun besarnya biaya pengobatan tidak akan pernah menjadi masalah bagi mereka.

Marilah kita renungkan sejenak: Adakah satu penyakit yang menambah gairah hidup? Penyakit ringan seperti pilek pun sangat menyusahkan.  Bagaimana dengan penyakit-penyakit lainnya yang lebih berat dari itu.  Jadi, walaupun uang dapat membeli kesembuhan, uang tidak bisa menebus gairah hidup yang telah disita oleh penyakit itu, serta waktu dan efisiensi kerja yang hilang karenanya.

dokter sebagai mitra kesehatan kita dan keluarga


Bagaimanapun juga, setiap orang bertanggungjawab atas kesehatannya masing-masing.  Sebab, walaupun dokter dapat memberikan obat penyembuh, tetapi akhirnya masing-masing kita sendirilah yang dapat memelihara kesehatan kita sendiri.  Dengan bertanggung jawab atas kesehatan sendiri bukan berarti Anda harus menjadi dokter, melainkan menjadikan dokter seorang mitra dalam upaya Anda memelihara kesehatan tersebut.  Suatu saat tertentu masing-masing kita akan membutuhkan keahlian seorang dokter untuk  mencegah penyakit melalui konsultasi, vaksinasi, dan sebagainya, maupun untuk mendiagnosa penyakit yang sudah ada.  Jika Anda telah jatuh sakit mungkin hanya dialah yang dapat menolong Anda.

Oleh karena sang dokter akan berperan sebagai mitra, maka sangatlah bijaksana jika Anda memilih dokter yang tepat bagi Anda, cobalah jawab kuis sederhana di bawah ini dengan memilih jawaban yang  tepat.

(1) Waktu yang paling tepat untuk mencari dan memilih seorang dokter adalah:
a.    Sewaktu Anda sakit.
b.    Sewaktu Anda membutuhkan tenaga tambahan untuk pertandingan olahraga, dan sebagainya.
c.    Sewaktu Anda sehat dan bugar.

(2) Dokter yang paling tepat untuk dokter pribadi Anda adalah:
a.    Ginekolog jika Anda seorang wanita.
b.    Ahli THT jika Anda sering pilek.
c.    Dokter umum atau internis.
d.    Dokter ahli tulang jika rematik Anda sering kambuh.

(3) Kualifikasi apa yang harus dimiliki oleh dokter Anda:
a.    Tamatan dari universitas terkenal.
b.    Bekerja di rumah sakit yang terkenal.
c.    Terkenal di kalangan masyarakat.
d.    Memiliki keahlian khusus.

(4) Sebaiknya dokter Anda berusia:
a.    Sangat tua dan berpengalaman.
b.    Sangat muda dan bersemangat.
c.    Di antara kedua golongan di atas.

(5) Jika dokter Anda memberi penjelasan dengan menggunakan beberapa istilah yang  asing, maka Anda sebaiknya:
a.    Pura-pura mengerti.
b.    Catat istilah itu lalu cari artinya dalam kamus di rumah.
c.    Tanyakan segera kepada dokter tersebut.
d.    Terka-terka apa artinya.

(6) Jika obat-obat  yang dokter berikan tidak menghasilkan perubahan atas penyakit anda, maka:
a.    Naikkan dosis obat itu.
b.    Kurangi dosis obat tersebut.
c.    Segera laporkan kepada dokter Anda.
d.    Berhenti makan obat itu lalu cari dokter yang lain.

(7) Jika Anda tidak sependapat dengan dokter Anda, maka:
a.    Ikuti saja pendapat dokter itu, sebab dia lebih pandai.
b.    Jangan turuti pentunjuknya lalu lakukan apa yang menurut Anda benar.
c.    Nyatakan secara jelas mengapa Anda tidak sependapat dengan dokter itu.
d.    Ganti dokter.

(8) Jika Anda menaruh curiga kepada sesuatu yang mungkin adalah penyebab penyakit Anda tetapi dokter seolah-olah mengabaikannya, maka:
a.    Anda diam saja, sebab dokter lebih tahu daripada Anda.
b.    Ganti dokter sebab dokter Anda kurang teliti.
c.    Nyatakan buah pikiran Anda.
d.   Lebih dahulu cari pendapat dari dokter yang lain sebelum membicarakannya dengan dokter Anda.

(9) Jika Anda malu memperbincangkan sesuatu yang sangat pribadi dan peka dengan dokter Anda, maka:
a.    Jangan perbincangkan itu dengan dia.
b.    Bicarakan secara tidak langsung dengan kiasan.
c.    Katakan apa adanya tanpa rasa malu yang berlebihan.
d.    Utus orang lain untuk membicarakannya dengan dokter Anda.

       Untuk semua pertanyaan, jawaban yang terbaik adalah c, kecuali nomor 3 yaitu a sampai d.
        Semoga kuis yang singkat ini dapat menolong Anda dalam memilih dokter yang tepat sebagai mitra, serta menjalin hubungan yang tepat dengannya.

Zat Gizi yang diperlukan oleh tubuh dari makanan


Tujuan dari makanan yang tepat adalah untuk mencapai dan mempertahankan komposisi tubuh dan kekuatan fisik dan mental yang baik. Kebutuhan zat gizi esensial sehari-hari tergantung kepada umur, jenis kelamin, berat badan, tinggi badan serta aktivitas fisik dan metabolisme.
Departemen Pertanian AS telah mengajukan 4 kelompok makanan pokok, yaitu:
- susu dan produk olahannya
- daging dan sayuran kaya protein
- gandum dan roti
- dan buah-buahan dan sayur-sayuran, sebagai panduan makanan seimbang. 
Panduan ini dimaksudkan untuk membantu masyarakat memilih makanan yang mengandung zat gizi esensial dan yang memiliki resiko rendah terhadap terjadinya penyakit tertentu, seperti kanker, tekanan darah tinggi, penyakit jantung koroner dan stroke.
Dalam panduan ini jumlah yang harus disediakan setiap harinya, untuk tiap jenis makanan, berbeda-beda. Hal ini tergantung dari energi yang dibutuhkan, bervariasi mulai dari 1600- 2400kalori/hari. Pada umumnya, konsumsi lemak diturunkan sampai 30% dari kalori dan konsumsi dari buah, sayuran serta gandum, harus ditingkatkan.

Karbohidrat


Karbohidrat menyediakan kebutuhan dasar yang diperlukan tubuh makhluk hidup. Monosakarida, khususnya glukosa, merupakan nutrien utama sel. Misalnya, pada vertebrata, glukosa mengalir dalam aliran darah sehingga tersedia bagi seluruh sel tubuh. Sel-sel tubuh tersebut menyerap glukosa dan mengambil tenaga yang tersimpan di dalam molekul tersebut pada proses respirasi selular untuk menjalankan sel-sel tubuh. Selain itu, kerangka karbon monosakarida juga berfungsi sebagai bahan baku untuk sintesis jenis molekul organik kecil lainnya, termasuk asam amino dan asam lemak.

Sebagai nutrisi untuk manusia, 1 gram karbohidrat memiliki nilai energi 4 Kalori. Dalam menu makanan orang Asia Tenggara termasuk Indonesia, umumnya kandungan karbohidrat cukup tinggi, yaitu antara 70–80%. Bahan makanan sumber karbohidrat ini misalnya padi-padian atau serealia (gandum dan beras), umbi-umbian (kentang, singkong, ubi jalar), dan gula.

Namun demikian, daya cerna tubuh manusia terhadap karbohidrat bermacam-macam bergantung pada sumbernya, yaitu bervariasi antara 90%–98%. Serat menurunkan daya cerna karbohidrat menjadi 85%. Manusia tidak dapat mencerna selulosa sehingga serat selulosa yang dikonsumsi manusia hanya lewat melalui saluran pencernaan dan keluar bersama feses. Serat-serat selulosa mengikis dinding saluran pencernaan dan merangsangnya mengeluarkan lendir yang membantu makanan melewati saluran pencernaan dengan lancar sehingga selulosa disebut sebagai bagian penting dalam menu makanan yang sehat. Contoh makanan yang sangat kaya akan serat selulosa ialah buah-buahan segar, sayur-sayuran, dan biji-bijian.

Selain sebagai sumber energi, karbohidrat juga berfungsi untuk menjaga keseimbangan asam basa di dalam tubuh, berperan penting dalam proses metabolisme dalam tubuh, dan pembentuk struktur sel dengan mengikat protein dan lemak.


 Lemak


Lemak atau Lipid tidak sama dengan minyak. Orang menyebut lemak secara khusus bagi minyak nabati atau hewani yang berwujud padat pada suhu ruang. Lemak juga biasanya disebutkan kepada berbagai minyak yang dihasilkan oleh hewan, lepas dari wujudnya yang padat maupun cair.
  

Fungsi Lemak


Secara umum dapat dikatakan bahwa lemak biologis memenuhi 4 fungsi dasar bagi manusia, yaitu:
  • Penyimpan energi 
  • Transportasi metabolik sumber energi 
  • Sumber zat untuk sintese bagi hormon, kelenjar empedu serta menunjang proses pemberian signal Signal transducing. 
  • Melarutkan vitamin A, D, E, dan K.

 Protein


Protein (akar kata protos dari bahasa Yunani yang berarti “yang paling utama”) adalah senyawa organik kompleks berbobot molekul tinggi yang merupakan polimer dari monomer-monomer asam amino yang dihubungkan satu sama lain dengan ikatan peptida. Molekul protein mengandung karbon, hidrogen, oksigen, nitrogen dan kadang kala sulfur serta fosfor. Protein berperan penting dalam struktur dan fungsi semua sel makhluk hidup dan virus.


    Akibat Kekurangan Protein


Protein sendiri mempunyai banyak sekali fungsi di tubuh kita. Pada dasarnya protein menunjang keberadaan setiap sel tubuh, proses kekebalan tubuh. Setiap orang dewasa harus sedikitnya mengkonsumsi 1 g protein pro kg berat tubuhnya. Kebutuhan akan protein bertambah pada perempuan yang mengandung dan atlet-atlet.

Kekurangan Protein bisa berakibat fatal:

Kerontokan rambut (Rambut terdiri dari 97-100% dari Protein -Keratin)

Yang paling buruk ada yang disebut dengan Kwasiorkor, penyakit kekurangan protein. Biasanya pada anak-anak kecil yang menderitanya, dapat dilihat dari yang namanya busung lapar, yang disebabkan oleh filtrasi air di dalam pembuluh darah sehingga menimbulkan odem.

Simptom yang lain dapat dikenali adalah: hipotonus, gangguan pertumbuhan. Kekurangan yang terus menerus menyebabkan marasmus dan berkibat kematian.

 

Vitamin


    Vitamin adalah sekelompok senyawa organik berbobot molekul kecil yang memiliki fungsi vital dalam metabolisme organisme. Dipandang dari sisi enzimologi (ilmu tentang enzim), vitamin adalah kofaktor dalam reaksi kimia yang dikatalisasi oleh enzim. Istilah “vitamin” sebenarnya sudah tidak tepat untuk dipakai dalam pengertian biokimia karena tidak memiliki kesamaan struktur tetapi akhirnya dipertahankan dalam konteks ilmu kesehatan dan gizi. Nama ini berasal dari gabungan kata bahasa Latin vita yang artinya “hidup” dan amina (amine) yang mengacu pada suatu gugus organik yang memiliki atom nitrogen (N), karena pada awalnya vitamin dianggap demikian. Kelak diketahui bahwa banyak vitamin sama sekali tidak memiliki atom N.

    Sebagai salah satu komponen gizi, vitamin diperlukan memperlancar proses metabolisme tubuh, dan tidak berfungsi menghasilkan energi. Vitamin terlibat dalam proses enzimatik. Tubuh memerlukan vitamin dalam jumlah sedikit, tetapi jika kebutuhan yang sedikit itu diabaikan, akan mengakibatkan terganggunya metabolisme di dalam tubuh kita karena fungsinya tidak dapat digantikan oleh senyawa lain. Kondisi kekurang vitamin disebut avitaminosis.

    Pada umumnya vitamin tidak dapat dibuat sendiri oleh hewan (atau manusia) karena mereka tidak memiliki enzim untuk membentuknya, sehingga harus dipasok dari makanan. Akan tetapi, ada beberapa vitamin yang dapat dibuat dari zat-zat tertentu (disebut provitamin) di dalam tubuh. Contoh vitamin yang mempunyai provitamin adalah vitamin D. Provitamin D banyak terdapat di jaringan bawah kulit. Vitamin lain yang disintetis di dalam tubuh adalah vitamin K dan vitamin B12. Kedua macam vitamin tersebut disintetis di dalam usus oleh bakteri.

    Berbagai vitamin


Vitamin dinamakan menurut nama abjad; namun sekarang dalam praktik mulai ditinggalkan, kecuali beberapa vitamin tertentu, yang terlanjur populer penggunaannya.

Bedasarkan kelarutannya vitamin dibagi menjadi dua kelompok, yaitu vitamin yang larut dalam air (vitamin C dan semua golongan vitamin B) dan yang larut dalam lemak (vitamin A, D, E, dan K). Oleh karena sifat kelarutannya tersebut, vitamin yang larut dalam air tidak dapat disimpan dalam tubuh, sedangkan vitamin yang larut dalam lemak dapat disimpan dalam tubuh.

Pada masa kini berbagai industri farmasi dapat membuat vitamin sintetik yang memiliki fungsi yang serupa dengan beberapa vitamin alami (yang ditemukan dari bahan makanan).

 Mineral


Mineral yang dibutuhkan tubuh antara lain:

Yodium / I

Yodium berperan penting untuk membantu perkembangan kecerdasan atau kepandaian pada anak. Yodium juga dapat membatu mencegah penyakit gondok, gondong atau gondongan. Yodium berfungsi untuk membentuk zat tirosin yang terbentuk pada kelenjar tiroid.

Phospor / Fosfor / P


Fosfor berfungsi untuk pembentukan tulang dan membentuk gigi.
 

Cobalt / Kobal / Kobalt / Co


Cobalt memiliki fungsi untuk membentuk pembuluh darah serta pembangun B.
 

Chlor / Klor / Cl


Chlor digunakan tubuh kita untuk membentuk HCl atau asam klorida pada lambung. HCl memiliki kegunaan membunuh kuman bibit penyakit dalam lambung dan juga mengaktifkan pepsinogen menjadi pepsin.
 

Magnesium / Mg


Fungsi atau kegunaan dari magnesium adalah sebagai zat yang membentuk sel darah merah berupa zat pengikat oksigen dan hemoglobin.
 

Mangaan / Mangan / Mn


Mangaan berfungsi untuk mengatur pertumbuhan tubuh kita dan sistem reproduksi.
 

Tembaga / Cuprum / Cu


Tembaga pada tubuh manusia berguna sebagai pembentuk hemo globin pada sel darah merah.
 

Kalsium / Calcium / Ca


Kalsium atau disebut juga zat kapur adalah zat mineral yang mempunyai fungsi dalam membentuk tulang dan gigi serta memiliki peran dalam vitalitas otot pada tubuh.

Tetap Fit dan aktif di saat Flu


Pada saat hidung telah tersumbat atau ingus mulai mengalir, kerongkongan mulai gatal, sedikit demam dan berat kepala, maka kita akan tahu bahwa pilek telah menyerang kembali.

Pilek bukanlah suatu penyakit tunggal, melainkan sekelompok penyakit yang terdiri dari hampir 200 jenis penyakit yang serupa tapi tak sama, yang disebabkan oleh hampir 200 jenis kuman yang disebut virus rhino (dalam bahasa Yunani rhino berarti hidung).  Inilah sebabnya sangat rumit dan sulit untuk membuat satu vaksin yang dapat membuat seseorang kebal terhadap ke-200 jenis kuman yang menyebabkan pilek itu.

Sampai saat ini, tidak ada obat yang dapat menghentikan pilek jika kuman telah sempat menyerang.
mencegah penularan flu dan cara agar fit dan aktif di saat fluAntibiotika pun tidak sanggup.  Dalam buku Current Therapy yang menjadi referensi standar bagi para dokter, Dr. C. Alan Phillips dari Fakultas Kedokteran University of Vermount menyatakan bahwa antibiotika tidak membunuh virus.  Dia memberi arahan untuk tidak mengobati pilek dengan antibiotika sebab tubuh memiliki kesanggupan alamiah untuk memerangi pilek itu.  Diobati atau tidak, penyakit ini hanya akan tetap bertahan selama tiga sampai tujuh hari jika kita membantu tubuh memerangi penyakit tersebut dengan hal-hal berikut ini.

Tinggal di rumah untuk beristirahat dengan baik.  Pergi bekerja sementara pilek akan memperparah gejalanya dan akan membuatnya bertahan lebih lama.  Di samping itu, penderita pilek akan mengganggu orang di sekitarnya.  Tidur atau berbaringlah selama mungkin (sepanjang hari jika memungkinkan).
Jangan bebani tubuh dengan makanan.  Makanlah secukupnya.  Makan banyak buah-buahan. Hindari makan makanan yang manis seperti cokelat, es krim, kue-kue,dan sebagainya.


  • Minum banyak air. Minum paling sedikit 10 gelas sehari.  Usahakan minum banyak sari buah.
  • Berkumur dengan air garam.  Jika pilek dimulai dengan tenggorokan gatal, maka berkumurlah dengan larutan  garam yang panas (1/2 sendok teh garam dalam 1 gelas air panas).
  • Rendam kaki dalam air panas. Jika pilek diawali dengan kepala yang berat dan hidung yang tersumbat ingus, maka rendamlah kaki dalam air panas pada pagi dan malam hari.  Hiruplah uap air panas untuk melegakan pernapasan.
  • Kompres dada bila perlu.  Jika pilek telah menjalar ke daerah dada sehingga timbul batuk-batuk dan demam, maka kompreslah dada dengan pendemahan panas dan hiruplah uap air panas.
  • Jika semua langkah diatas telah dilakukan tetapi pilek dan demamnya tetap bertahan setelah tujuh hari, maka berobatlah ke dokter.  Sebab, kemungkinan Anda telah terserang influenza yang disingkat flu atau penyakit lainnya.
Pilek sangat mudah ditularkan melalui hidung dan mata.  Oleh sebab itu, hindarilah kebiasaan sering memegang mata atau hidung sebab kita tidak dapat mengetahui dengan  pasti apakah benda-benda yang pernah kita pegang bebas dari virus flu.  Virus yang telah masuk melalui mata akan turun ke hidung melalui kelenjar air mata lalu menimbulkan pilek.  Seringlah mencuci tangan terutama jika sedang berada di sekitar mereka yang sakit pilek.

Sementara sakit pilek, tutuplah mulut dengan sapu tangan sewaktu bersin, lalu seringlah mencuci tangan.  Sedapat mungkin hindarilah berjabat tangan dengan mereka yang sakit pilek.  Riset membuktikan bahwa pilek lebih mudah ditularkan berjabatan tangan daripada kontak mulut (ciuman). Sebab, mata dan hidung adalah jalur yang paling ideal bagi virus pilek  untuk masuk ke dalam tubuh bukan mulut.  Tingkatkanlah daya tahan tubuh dengan gaya hidup sehat agar tidak mudah terserang pilek

Pusi Hati yang Lirih



Lirih


Semuanya sudah menuduh,
Mendakwa,
Mengusik keberadaan
Membuat hening menjadi bising ditelinga
Sebelumnya tenang menjadi menghanyutkan

Ya,
Pribadi ini, yang tak memiliki sandingan hidup

Tak ada jawaban memang
Bahkan sangkalan

Menerus saja memikirkannya
Merenungi muasal persoalan
Hingga imbangan dari tiap tindakan

Ya Tuhan,
 Kini pun,
Diri tak henti-henti menggugat dan memohon
Seperti janji-Mu kepada seluruh insani
Yang menciptakan kesempurnaan dengan berpelengkap



Lirih, Puisi


Lirih

Semuanya sudah menuduh,
Mendakwa,
Mengusik keberadaan
Membuat hening menjadi bising ditelinga
Sebelumnya tenang menjadi menghanyutkan

Ya,
Pribadi ini, yang tak memiliki sandingan hidup

Tak ada jawaban memang
Bahkan sangkalan

Menerus saja memikirkannya
Merenungi muasal persoalan
Hingga imbangan dari tiap tindakan

Ya Tuhan,
Kini pun,
Diri tak henti-henti menggugat dan memohon
Seperti janji-Mu kepada seluruh insani
Yang menciptakan kesempurnaan dengan berpelengkap

Sertifikasi Guru, Antara Tuntutan Kesejahteraan dan Profesionalisme


Permasalahan dalam dunia pendidikan di Indonesia seakan tiada habisnya dan mutu pendidikan seolah-olah berada pada tingkat memprihatinkan. Kita bisa melihat begitu ramainya pemberitaan di media, dari tawuran pelajar antar sekolah, tawuran mahasiswa, penggunaan narkoba yang sudah merambah hingga siswa sekolah dasar, kekerasan oleh oknum guru terhadap siswa dan berbagai permasalahan lain.

Terlepas dari permasalahan di atas, hal yang menarik saya kira untuk dicermati adalah kualitas pendidik di Indonesia khususnya di daerah saya, terlebih setelah era otonomi daerah dan sertifikasi bagi kalangan guru. Sertifikasi pendidik yang telah dilaksanakan dalam beberapa tahun terakhir serta otonomi keuangan daerah membuka peluang upaya peningkatan kesejahteraan Guru. Pemberian tunjangan tambahan serta  tunjangan sertifikasi/profesi bagi pendidik terbukti mampu mengangkat derajat kesejahteraan guru. Selain mengangkat derajat kesejahteraan pendidik, tujuan lain dari Sertifikasi Pendidik terutama adalah bagaimana agar Guru lebih profesional dalam menjalankan tugas fungsionalnya sebagai pendidik, meningkatkan mutu proses dan hasil pendidikan serta kelayakan guru dalam melaksanakan tugas sebagai agen pembelajaran dan mewujudkan tujuan pendidikan nasional.

Namun benarkah dan sudahkah tujuan tersebut tercapai? Benarkah Guru yang sudah disertifikasi tadi sudah profesional? Sebelum saya membeberkan beberapa fakta yang ada, baiknya kita lihat dulu apa yang dimaksud dengan guru profesional. Menurut UU Sisdiknas No 14 Tahun 2005 Bab III pasal 7 yang dimaksud Guru Profesional berdasarkan prinsip profesionalisme antara lain;

a. memiliki bakat, minat, panggilan jiwa, dan idealisme;
b. memiliki komitmen untuk meningkatkan mutu  pendidikan, keimanan, ketakwaan, dan akhlak mulia;
c. memiliki kualifikasi akademik dan latar belakang  pendidikan sesuai dengan bidang tugas;
d. memiliki kompetensi yang diperlukan sesuai dengan bidang tugas;
e. memiliki tanggung jawab atas pelaksanaan tugas keprofesionalan;
f. memperoleh penghasilan yang ditentukan sesuai dengan prestasi kerja;
g. memiliki kesempatan untuk mengembangkan keprofesionalan secara berkelanjutan dengan belajar
sepanjang hayat;
h. memiliki jaminan perlindungan hukum dalam melaksanakan tugas keprofesionalan; dan
i. memiliki organisasi profesi yang mempunyai kewenangan mengatur hal-hal yang berkaitan dengan tugas keprofesionalan guru.
Setelah kita mengetahui apa saja syarat guru profesional tadi mungkin perlu juga kita lihat fakta berikut yang ada di lapangan:

1. Masih ada beberapa oknum guru yang padahal sudah memiliki sertifikat pendidik, namun masih sering terlambat untuk mengajar di kelas.

2. Persiapan mengajar yang kurang, indikasi ini terlihat dari masih malasnya guru untuk membuat dan membawa perangkat mengajar yang dibutuhkan saat mengajar, misalnya RPP dan Silabus yang seharusnya dibawa pada saat mengajar.

3. Masih ada guru bersertifikat, terlihat keluyuran pada jam kerja sekolah. Saat ini sepertinya ada anggapan di kalangan guru bahwa guru itu tugasnya hanya mengajar di kelas. Setelah jam mengajar selesai, hilang. Ya ini sebuah fakta, ucapan dari seorang oknum guru "Yang penting kan tugas saya mengajarkan mata pelajaran ini sudah selesai".

4. Sudah menjadi rahasia umum di kalangan guru, RPP, silabus dan perangkat mengajar adalah hasil copy paste, maupun  membeli hasil download dari internet lalu mengupah seseorang untuk mengeditnya (karena memang ada yang berjualan di internet).  Kemudian Guru mengubah nama sekolah, nama kepala sekolah dan nama pengajar yang ada. Saya sendiri bingung dan masih bertanya-tanya, apakah memang sudah aturan bahwa RPP dan SILABUS dibuat dan dikumpul sekaligus  per Semester tahun ajaran lalu dikumpulkan ke Kepala Sekolah untuk ditandatangani? Ini banyak terjadi. Jika memang demikian, hal yang wajar, jika akhirnya seorang guru mengambil jalan pintas, copy paste atau membeli tadi. Padahal menurut pengetahuan yang saya dapatkan di bangku kuliah, tugas membuat RPP dilakukan per pokok bahasan pada saat bahasan itu akan di ajarkan di kelas.

5. Masih banyaknya guru yang gaptek (gagap teknologi) serta kurangnya penggunaan media pembelajaran.

Yang saya maksud gaptek disini adalah, pengetahuan dan praktek keseharian serta kemampuan seorang guru dalam menggunakan media komputer, media pembelajaran serta jaringan internet yang ada. Di tempat saya bekerja, saya tidak bisa mengatakan secara pasti ada berapa orang. Namun terlihat, hanya beberapa guru saja yang sering membawa dan mengoperasikan laptop untuk keperluan pengajaran. Selain itu, (hubungannya dengan point 4 di atas) sudah menunjukkan sejauh mana tingkat kemampuan seorang guru dalam mengoperasikan komputer. Bagaimana mungkin seorang guru yang tidak bisa menggunakan komputer bisa membuat RPP, Silabus, ProTa maupun ProMes dalam waktu singkat? Media pembelajaran, sebagai contoh KIT IPA banyak terbengkalai dan mubazir karena tidak digunakan, banyak bantuan media-media pembelajaran tersebut yang tidak digunakan, entah karena malas atau tidak bisa menggunakan, hanya guru tersebut yang bisa menjawabnya. Jaringan internet yang adapun hanya segelintir guru saja yang mau menggunakan, itupun di saat ada keperluan.

Menurut saya ada beberapa penyebab mengapa hal-hal demikian bisa terjadi.

1. Kurangnya kesadaran dan tanggung jawaguru dalam menjalankan tugasnya. Padahal tanpa disertifikasi pun seharusnya seorang guru mampu menjalankan amanah dan tanggung jawabnya sebagai seorang guru dan khususnya sebagai PNS abdi negara dengan segala daya dan kekurangan yang ada.

2. Kurangnya wibawa Kepala Sekolah. Terlihat bagaimana seorang Kepala Sekolah terkadang membiarkan guru terlambat dan tidak membuat perangkat mengajar tanpa memberikan teguran dan sanksi yang jelas dan tegas, salah satu efeknya...  muncul kecemburuan antara guru yang sudah sertifikasi dan non sertifikasi.

3. Pengawas Sekolah kurang optimal menjalankan fungsi kepengawasannya.

Bisa dikatakan pengawas mengadakan kunjungan paling-paling 4-6 bulan sekali, atau Inspeksi Mendadak hanya pada saat setelah libur Idul Fitri. Praktis sangat jarang seorang pengawas mau berkunjung ke sekolah. Fungsi pengawas saya kira sangat penting, terlebih saat fungsi kepemimpinan Kepala Sekolah tidak berjalan sebagaimana mestinya, maka Pengawas Sekolah kiranya bisa mengambil tindakan atau kebijakan yang dianggap perlu untuk kepentingan sekolah.

4. Masih minimnya kemauan dan motivasi seorang guru untuk mengenal dan mempelajari lebih jauh teknologi, alat dan media pembelajaran yang tersedia.

Banyak alasan yang mengemuka mengapa bisa demikian, antara lain;
  • sulitnya membagi waktu antara mengajar, urusan keluarga dan urusan masyarakat,
  • usia rata-rata guru juga berpengaruh, tentu berbeda antara guru yang tua (usia 45 tahun keatas) dengan guru yang masih muda dalam hal menangkap ilmu pengetahuan dan teknologi terbaru, misalnya dalam mempelajari penggunaan komputer.
  • masih ada guru yang takut, takut laptop/komputer rusak, jika terjadi kesalahan.
  • di beberapa daerah pedalaman masih kekurangan prasarana yang memadai seperti listrik, jaringan komunikasi / internet mobile.

5. Kurangnya tindak lanjut upaya pengembangan diri dari Dinas Pendidikan dalam hal pelatihan.

Setiap tahun baik itu dinas pendidikan propinsi maupun kabupaten sering mengadakan pelatihan-pelatihan untuk meningkatkan kompetensi guru. Sebagai contoh, berbagai macam bantuan barang media pembelajaran telah diberikan. Namun bisa dilihat di lapangan, media atau alat pembelajaran tadi mubazir, karena jarang bahkan tidak digunakan. Pertanyaannya? Apakah hal seperti ini tugas Dinas Pendidikan, ataukah guru itu sendiri yang harus memiliki kesadaran. 




Salah satu upaya pengembangan kompetensi guru  sebenarnya sudah berjalan melalui Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) dan Kelompok Kerja Guru (KKG), namun  beberapa kelompok kajian guru tadi ada yang jalan ditempat bahkan mandeg.

Dari berbagai permasalahan di atas, dan melihat standar profesionalisme guru, nampaklah sampai sejauh mana tujuan tunjangan tambahan dan sertifikasi pendidik tadi, belum bisa dikatakan berhasil. Malah ada yang mengatakan gagal. Mereka yang berasumsi gagal tadi bisa jadi setelah melihat hasil Uji Kompetensi Guru (UKG) Online yang baru-baru ini digelar serta nilai Ujian Akhir yang tidak ada bedanya bahkan menurun antara era sebelum ada sertifikasi pendidik dan setelah ada Sertifikasi Pendidik


Dalam tulisan ini, mungkin bisa saya sedikit solusi yang barangkali bisa dijadikan sebagai acuan bagi pihak manapun dalam memperbaiki kinerja dan profesionalisme pendidik.

1. Pertama, saya yakin Anda semua setuju, bahwa namanya seorang pendidik, wajib memiliki rasa tanggung jawab yang besar, baik terhadap pekerjaan, siswa, sekolah terlebih lagi tanggung jawab moral dan agama sebagai makhluk Tuhan. Apalagi jika guru tersebut sudah PNS dan sudah memiliki Sertifikat Pendidik. Bagaimana cara menumbuhkan kesadaran tersebut? Silakan saya kira Anda bisa menjawabnya.

2. Guru hendaknya memiliki niat dan kemampuan yang kuat dalam hal penguasaan komputer dan media pembelajaran. Saya kira, penguasaan dasar-dasar Microsoft Office Word, Microsoft Excel dan Power Point sudah cukup memadai bagi seorang guru.  Diakui atau tidak ini memang sulit, karena terkadang guru harus berbenturan dan membagi  waktu antara urusan keluarga dan kewajiban sebagai guru. Faktor usia juga menghambat upaya ini. Tak mungkin juga memaksakan jika seorang guru yang sudah berusia lanjut harus bisa menguasai aplikasi Word dan Excel tadi. Ketersediaan prasarana penunjang misalnya jaringan internet dan buku-buku untuk belajar komputer menjadi kendala besar, khususnya untuk daerah-daerah pedalaman. Kalau dibilang guru yang sudah sertifikasi tidak punya komputer/laptop saya kira alasan berlebihan, karena gaji guru saat ini sudah lebih dari cukup untuk membeli notebook yang bisa dibeli pada kisaran minimal harga Rp 2,5 jutaan. Hanya tinggal bagaimana kemauan diri saja lagi, mau belajar atau tidak.

3. Masih terkait dengan poin di atas, Kelompok-kelompok kerja guru hendaknya kreatif dan tidak monoton membahas masalah-masalah pengajaran saja, sesekali sebagai penyegaran, perlu juga diberikan pelatihan-pelatihan pengenalan komputer plus pemakaian media pembelajaran yang ada misalnya cara penggunaan proyektor. Berat rasanya jika mengharapkan pihak dinas terkait untuk memberikan bimbingan pelatihan lanjutan, karena pada prinsipnya "Bukan Zamannya Lagi Memberikan Ikan yang Sudah Masak" kepada guru.

4. Perlu pengawasan yang lebih ketat terhadap sekolah dan kepada oknum guru yang terindikasi malas tadi, baik oleh Kepala Sekolah, Pengawas maupun masyarakat sekitar yang notabene lebih mengetahui kondisi sekolah. Keadilan antara guru sertifikasi dan non sertifikasi perlu diperhatikan, jangan sampai terjadi kesenjangan yang lebar dan ujung-ujungnya muncul iri diantara sesama guru.

5. Pemerintah, diharapkan agar lebih lagi memperhatikan sekolah-sekolah di daerah pedalaman, baik dalam hal penyediaan sarana maupun prasarana sekolah. Dibutuhkan kerjasama semua instansi pemerintah, karena secanggih dan semodern apapun sekolah, misalnya jika kondisi jalan yang rusak dan sarana transportasi yang kurang memadai juga berdampak pada keadaan sekolah.

Dengan tulisan ini semoga bisa membuka wawasan bahwa masih banyak kekurangan di sana sini yang perlu dibenahi terkait dengan sertifikasi guru tadi, baik proses sertifikasi, pengawasan guru yang telah bersertifikasi, maupun bagaimana format yang terbaik agar tujuan diadakannya sertifikasi pendidik,  tidak hanya sebatas image bahwa "sertifikasi pendidik hanya sebagai alat peningkatan kesejahteraan semata".

Sebelum saya akhiri tulisan ini, maaf jika ada kesalahan dalam bertutur, bukan bermaksud meng"generalisasi" bahwa semua guru itu gaptek, bahwa semua guru yang telah lanjut itu malas untuk belajar karena masih banyak guru yang memang benar-benar ikhlas mengajar walau tanpa disertifikasi, dan masih banyak guru yang walaupun sudah tua namun masih bersemangat untuk belajar memperbaiki kekurangan diri demi kemajuan sekolahnya. Semoga, Guruku benar-benar menjadi Pahlawanku.


Barangsiapa mau menjadi guru, biarkan dia memulai mengajar dirinya sendiri …
    sebelum mengajar orang lain, dan biarkan dia mengajar dengan teladan,
    sebelum mengajar dengan kata-kata....
” (Chairil Anwar)

Tips Menghindari Penyakit Jantung


Jantung merupakan organ tubuh yang paling utama, seseorang dinyatakan masih hidup jika jantungnya masih berfungsi atau berdetak, walaupung seluruh organ tubuh lain seperti paru-paru untuk pernafasan tidak berfungsi lagi. Nah berikut beberapa tips gar terhindar dari penyakit jantung koroner, Anda dapat melakukan hal-hal berikut:

Pola makan sehat

Hindari makanan yang banyak mengandung lemak atau yang mengandung kolesterol tinggi. Seafood memiliki kandungan kolesterol tinggi yang dapat membahayakan jantung. Kurangi menyantap makanan yang digoreng yang banyak mengandung lemak, sebaliknya makanan dapat diolah dengan cara direbus, dikukus atau dipanggang.

Sebisa mungkin, produk makanan yang kita makan rendah lemak atau tanpa lemak. Pilih susu, keju, mentega atau makanan lain yang rendah lemak. Menggoreng dengan menggunakan minyak zaitun memiliki kandungan lemak yang sedikit sehingga bisa menjadi pilihan bila harus mengolah makanan dengan cara digoreng.



Selain menghindari makanan berlemak, hindari juga makanan dengan kandungan gula tinggi seperti soft drink. Jangan pula tertalu banyak mengkonsumsi karbohidrat, karena dalam tubuh, karbohidrat akan dipecah menjadi lemak. Sebaliknya, konsumsi oat atau gandum yang dapat membantu menjaga jantung tetap sehat.

Jaga pola makan tidak berlebihan agar terhindar dari kegemukan, karena seseorang yang memiliki lingkar pinggang lebih dari 80 cm, berisiko lebih besar terkena penyakit ini.

Berhenti merokok


Mengisap rokok sangat tidak baik untuk kesehatan jantung, maka segera hentikan kebiasaan ini agar jantung tetap sehat.

Hindari Stres


Stres memang sangat sulit dihindari jika hidup di kota besar seperti Jakarta yang dikenal karena kemacetan dan kesibukannya. Saat seseorang mengalami stres, tubuhnya akan mengeluarkan hormon cortisol yang menyebabkan pembuluh darah menjadi kaku. Hormon norepinephrine akan diproduksi tubuh saat menderita stres, yang akan mengakibatkan naiknya tekanan darah. Maka, sangat baik bila Anda menghindari stres baik di kantor atau di rumah.

Hipertensi


Problem hipertensi atau tekanan darah tinggi juga bisa menyebabkan penyakit jantung. Hipertensi dapat melukai dinding arteri dan memungkinkan kolesterol LDL memasuki saluran arteri dan meningkatkan penimbunan plak.

Obesitas

Kelebihan berat atau obesitas meningkatkan tekanan darah tinggi dan ketidaknormalan lemak. Menghindari atau mengobati obesitas atau kegemukan adalah cara utama untuk menghindari diabetes. Diabetes mempercepat penyakit jantung koroner dan meningkatkan risiko serangan jantung.

Olahraga secara teratur

Anda dapat melakukan kegiatan olahraga seperti berjalan kaki, jalan cepat, atau jogging. Kegiatan olahraga yang bukan bersifat kompetisi dan tidak terlalu berlebihan dapat menguatkan kerja jantung dan melancarkan peredaran darah ke seluruh tubuh.

Konsumsi antioksidan

Polusi udara, asap kendaraan bermotor atau asap rokok menciptakan timbulnya radikal bebas dalam tubuh. Radikal bebas dapat menyebabkan bisul atau endapan pada pembuluh darah yang dapat menyebabkan penyumbatan. Untuk mengeluarkan kandungan radikal bebas dalam tubuh, perlu adanya antioksidan yang akan menangkap dan membuangnya. Antioksidan dapat diperoleh dari berbagai macam buah-buahan dan sayuran.

Keturunan

Seorang yang orang tua atau saudara kandungnya pernah mengalami serangan jantung sebelum usia 60 memiliki risiko lebih besar menderita penyakit ini. Karena itu, jika Anda memiliki kerabat yang pernah mengalami serangan jantung, sebaiknya Anda lebih berhati-hati dalam menjaga agar pola makan dan gaya hidup Anda dapat menunjang jantung sehat.

Biar Waktu



Biar Waktu

Tak ku duga takdir kan sperti ini
Tak sangka dan sejenak aku tak percaya
Bunga yang baru ingin mekar kini layu tak kembang.
tak kau sadar, bahwa aku telah engkau sakiti
yang kurasa engkau telah mengingkari semua janji.
Aku hanya inginkan dirimu
Tapi mengapa,malah kau pergi mejauhi diriku
Hidup bagai tak berarti lagi ,saat tanpa belaian kasihmu
Semua harapan sudah sirna Dan semua tinggal sebuah kenangan
Seberkas harapan sudah terkubur
Bersama bayangan kasih
Tak ada yang bisa menemani mlam
Kecuali bulan dan sang bintang, Tempat kucurahkan semua rasa kegundahan
Sakit ini sungguhlah tak tertahan
Teriris hati menusuk begitu dalam
Sungguh tak bisa menahan kepergian
Semua harus berakhir dengan kekecewaan
Kau memanglah terindah yang pernah ada
Tapi tak seharusnya kau sia-siakan dengan semua sikap dan tingkah
tak mungkin begitu cepat relakanmu
sungguh butuh waktu yang panjang untuk ku
dan tak mungkin aku menghapus semua kenangan
biarlah tersimpan menjadi masa lalu yang pernah singgah
kan kubiarkan cinta yang dulu tetap kan indah
biar waktu menghapus rasa dan sembuhkan luka kecewa,,,,

Hari ini aku belajar sesuatu tidak semua akan berakhir bahagia
Maka bahagia lah saat proses sebelum kamu menemukan akhir
Aku tahu cara tersenyum saat sedih
Aku tahu cara tertawa saat hati menangis
Tapi yang tidak bisa aku lakukan membohongi hati untuk bilang aku baik baik saja
Semua mentari pastikan hadir meski di selingi pekat malam
Ajari aku membiasakn diri saat semua mengasing
aku tak ingin ada bagian terluka , di sela sudut yang ku rasa menepi
Tuhan jaga hati ini , aku dia dan smua yang ada di sini tuk mampu menjaga nya untuk tidak terluka
Tuhan aku ingin bahagia tapi tidak dengan merebut kebahagian nya
Tuhan aku ingin belajar menghapus air mata saat ku rasa ia tak boleh jatuh

YA ALLAH HANYA KEPADAMU AKU BERSANDAR


YA ALLAH HANYA KEPADAMU AKU BERSANDAR

Dengan kegagalan syukurku selalu mengingat-Mu
Mohon kuatkan balutan tali temali jiwaku
Ku khawatirkan tercabik hunjaman sembilu
Pancarkan selalu sinar-Mu dari cahaya kalbu

Biarkanlah syetan durjana terdiam membisu
Tiada lagi perkataan karena lidah yang kelu
Tiada makhluk berbalut debu dapat membantu

Kecuali Engkaulah wahai Zat yang Menciptakanku

Ku coba terus menatap hamparan cahaya-Mu
Walau terikat pada pasak bayangan nan semu
Menggelayut di pikiran ku terus membelenggu
Seakan meremasku tanpa lagi hitungan waktu

Ya Allah... hanya kepada-Mu aku bersandar dari segalaku
Tiada terlupa walau disapu nafsu berlalu
Sekian masa dirundung banyak pilu
Mengembalikan keindahan-Mu padaku

KETIKA AKU MERINDUKANMU


KETIKA AKU MERINDUKANMU

Ketika aku merindukanmu...
Tak terasa tetes air mata jatuh dipipiku
Di kala tak sedikitpun ku temui adamu
Lirihpun tak ku dengar suara manismu

Ketika raga terpisah jauh darimu...
Langit yang birupun terasa kelabu
Panas mentari tak mampu hangatkan jiwaku

Tak ada rasa indah dalam hidupku

Dan ketika kasih sayang dan perhatianmu jauh dari rengkuhku...
Semua langkahku terasa kaku
Tak ada tawa terlahir serenyah bersamamu
Hidup sepenuhnya serasa pilu

Ku tatap langit , ku lihat kau menatapku
Ku tatap air ku teringat kata mesramu yang beriak layak jernih air sejukkan kalbuku
Ku tatap hidupku begitu kosong tanpamu
Sejujurnya aku sungguh tak bisa hidup tanpamu

Mengobati jerawat dengan buah-buahan


Menghilangkan jerawat alami – Jerawat sekarang ini bukan menjadi momok yang menyeramkan lagi. Sebab banyak cara yang dapat kita lakukan untuk menghindari ataupun mengobati jrawat tersebut. Akan tetapi banyak orang akan risi dengan hadirnya jerawat. Hal ini disebabkan jrawat pada umumnya akan muncul pada wajah dan mempengaruhi penampilan seseorang. Makanya seorang yang terkena jrawat pada umumnya tidak PD dan malu di depan publik. 

Pada umumnya jerawat akan muncul disebabkan oleh kotoran yang menempel pada kulit wajah atau bisa aja dikarenakan oleh metabolisme tubuh kita. Makanya biasanya jerawat muncul pada usia balik atau puber. Bicara masalah jerawat, kayaknya belum lengkap kalau kita tidak membahas cara mengobati jerawat tersebut. Untuk itu kami akan bahas beberapa cara yang mungkin aman dan mampu mengusir jerawat-jerawat yang ada pada muka kita.

Bawang Putih
Ada dua pilihan dalam menggunakan bawang putih untuk menghilangkan jerawat. Pertama dengan menumbuk dua atau lebih bawang putih hingga cukup halus lalu dioleskan ke bagian wajah yang berjerawat. Diamkan selama 10 menit lalu bilas. Sedangkan cara kedua adalah dengan memakan satu atau lebih bawang putih setiap hari. Namun bagi kalian yang tidak menyukai bau bawang putih mungkin lebih baik menempuh cara yang lain.

Putih Telur
Pisahkan kuning telur dan ambil putih telurnya saja. Kocok sebentar lalu oleskan ke wajah dan diamkan selama 15 menit. Putih telur ini akan membantu mengurangi minyak di wajah yang seringkali menyebabkan timbulnya jerawat.

Pasta Gigi
Satu hal yang perlu diingat disini pasta gigi yang digunakan adalah yang bentuknya pasta(seperti Pepsodent) bukan yang bentuknya gel(seperti Close Up). Caranya hampir sama dengan kedua cara di atas. Oleskan pasta gigi ke jerawat dan bagian lain di sekitar jerawat tersebut sebelum tidur. Biarkan semalaman/sampai pagi kemudian bilas dengan air bersih.

Lidah Buaya
Ambil satu daun lidah buaya, potong beberapa bagian, kelupas kulit luarnya, oleskan di bagian yang muncul jerawat, dan ulangi melakukan cara ini tiap pagi dan sore. Jika kalian cukup telaten, jerawat mungkin akan dapat mongering dan mengelupas selama 3 hari. Selain itu lidah buaya juga mampu menghilangkan bekas jerawat yang membandel.

Tomat
Buah yang satu ini selain bagus untuk kesehatan mata juga cukup efektif menghilangkan komedo hitam(blackheads). Yang pertama harus dilakukan adalah mengiris tomat menjadi dua lalu oleskan ke seluruh wajah yang berjerawat dan biarkan selama 15 menit – 1 jam kemudian bilas.