Cara Merias Wajah



Cara merias wajah – Merias wajah merupakan salah satu kegiatan mempercantik diri sendiri dan orang lain. Merias wajah/make up biasanya menggunakan kosmetik dengan cara menutupi atau menyamarkan bagian-bagian yang kurang sempurna pada wajah maupun bagian-bagian wajah (seperti: hidung, mata, bibir dan alis) dengan warna bayangan yang gelap (shade) dan juga menonjolkan bagian-bagian yang sempurna atau cantik pada wajah dengan warna yang terang. Tujuan merias wajah adalah untuk mempercantik khususnya wajah agar kelihatan segar dan cantik. 

Umumnya riasan wajah sehari-hari di bagi menjadi tiga yaitu rias wajah sehari-hari untuk pagi hari, sore hari dan malam hari. Riasan wajah sehari-hari untuk pagi hari adalah rias wajah yang ringan dengan menggunakan alas bedak yang ringan dan tidak menggunakan warna-warna yang mengkilap dan mencolok bayangan mata minimal dua warna, koreksi wajah dan bagian wajah minimal dua warna.

Riasan wajah sehari-hari untuk sore hari adalah rias wajah yang agak terang dan keras dengan menggunakan alas bedak yang agak berat seperti liquid dan warna-warna agak keras dari rias wajah pagi hari namun tidak mengkilap.

Rias wajah sehari-hari untuk malam hari adalah rias wajah yang lebih tebal dengan menggunakan fondation yang lebih menutup misalnya fondation, pan stick fondation dan penggunaan warna-warna rias mata, bibir, pipi dapat lebih keras, mencolok dan mengkilat (tanpa gliters). Garis-garis agak dipertegas terutama pada garis mata dan bibir.

Kosmetik untuk merias wajah

Dalam merias wajah diperlukan beberapa kosmetik untuk mendapatkan hasil yang memuaskan. Kosmetik-kosmetik yang diperlukan antara lain :
- Pelembap (Moisturizer)
Pelembap (moisturizer) dibedakan menjadi dua bentuk yaitu krim dan liquid. Pelembap digunakan terutama untuk kulit kering dan normal walaupun saat ini telah tersedia pelembap khusus kulit berminyak.
- Bedak dasar (Foundation)
Bedak dasar (foundation) berfungsi untuk melicinkan kulit, menutup cacat dan menyamarkan bagian-bagian yang kurang cantik. Bentuk foundatin dibedakan menjadi tiga macam yaitu cair/liquid fondation (jenis foundation yang paling ringan), krim/cream foundation (jenis foundation yang agak berat lebih melekat dan menutupi pori-pori, lebih tahan lama), dan padat/stick foundation (jenis foundation yang kuat, dapat menutup noda pada kulit lebih tahan lama).
- Bedak (Powder)
Jika bedak berpadu dengan alas bedak akan menimbulkan kesan kulit menjadi lembut bentuk bedak dibedakan menjadi dua macam, yaitu bedak bubuk (face powder) dan bedak padat (compact powder). Selain itu bentuk bedak translucent yaitu bedak tembus pandang yang tidak memberi efek warna atau tidak mengubah warna bedak dasar yang sudah dikenakan.
- Perona pipi (Rouge/Blush On)
Penggunaan blush on bertujuan memberi kesan cerah pada muka untuk memperbaiki kekurangan-kekurangan bentuk muka. Terdapat beberapa bentuk perona pipi yaitu cair, krim, serbuk dan padat/cake. Untuk bentuk cair dan krim pemakaiannya sesudah bedak dasar, sedangkan untuk bentuk serbuk dan padat pemakaiannya setelah bedak.
- Pembayang mata (Eye Shadow)
Pembayang mata bertujuan untuk mengubah kesan bentuk mata bentuknya ada yang cair, krim, padat dan serbuk.
- Pensil alis (Eye Brow Pencil)
Pensil alis bertujuan untuk membentuk alis dan menambahkan ketebalan alis.
- Penyipat mata (Eye Liner)
Penyipat mata bertujuan untuk membentuk atau mengubah kesan bentuk mata. Terdapat dua bentuk eye liner yaitu cair/liquid dan padat.
- Cat bulu mata (Maskara)
Maskara berguna untuk menebalkan dan melentikkan bulu mata terdapat tiga bentuk maskara yaitu cair, krim dan padat.
- Perona bibir (Lipstick)
Perona bibir bertujuan untuk memperbaiki bentuk bibir yang sebelumnya telah digaris dengan lip liner (pensil bibir). Kosmetik untuk bibir selain lipstik ada yang dinamakan lip conditioner yang berguna untuk vitamin pada bibir dan lip gloss yang berguna untuk memberi penonjolan pada bibir dan memberi kesan bibir basah.

Hal penting dalam merias wajah

Sebelum melakukan riasan wajah hendaknya perhatikan beberapa hal berikut ini.
- Kosmetik
Pilihlah kosmetik yang tepat dan bermutu baik untuk mempercantik wajah.
- Pembersihan kulit wajah
Sebelum melakukan rias wajah, kulit muka harus dalam keadaan bersih. Bersihkan kulit muka dengan susu pembersih atau krim pembersih lalu lanjutkan dengan pemakaian tonik penyegar kemudian barulah memulai merias wajah yang akan menghasilkan rias wajah yang cantik dan memesona.
- Pemilihan alas bedak
Pilihlah alas bedak yang sesuai dengan warna kulit (kuning langsat, sawo matang, cokelat kehitaman atau putih kekuningan). Bila menghendaki alas bedak yang berwarna terang pilihlah warna satu tingkat lebih terang dari warna kulit. Dan apabila menghendaki alas bedak yang berwarna lebih gelap (shading) dari warna kulit pilihlah warna-warna yang satu tingkat lebih gelap dari warna kulit.
- Pemilihan bedak
Pilihlah bedak yang warnanya dilihat dari foundation (dasar bedak) yang digunakan kalau dasar bedak berwarna gelap maka bedak dipilih warna yang setingkat lebih muda dari warna dasar bedak begitu juga sebaliknya warna dasar bedak dipilih setingkat lebih tua dari warna bedak dasar.
- Pemilihan riasan mata, perona bibir dan pipi
Pemilihan riasan mata, perona bibir dan pipi yang sesuai atau serasi dengan busana (sesuai dengan lingkaran warna).
- Jenis kulit
Pengetahuan tentang jenis kulit dapat membantu dalam memilih kosmetik agar tahan sepanjang hari dan dapat mencemerlangkan warna kulit, misalnya untuk kulit kering sebaiknya digunakan kosmetik yang mengandung minyak dan untuk kulit berminyak digunakan kosmetik yang tidak banyak mengandung minyak.
- Usia
Faktor usia juga harus diperhatikan dalam tata rias wajah hendaknya sesuaikan riasan wajah dengan usia.
- Waktu dan suasana
Sesuai tata rias wajah dengan keadaan waktu apakah untuk siang atau malam hari. Pakailah tata rias yang sederhana di siang hari dan yang lebih tebal di malam hari. Apabila dalam suasana duka cita pakailah tata rias yang sederhana saja sedangkan bila anda pergi ke pesta atau disko pakailah tata rias wajah yang lengkap dan semarak.

0 komentar:

Poskan Komentar